Etape dua ini menjadi salah satu rute terpanjang dalam pergelaran TdS 2013 yakni menempuh jarak sepanjang 212,9 kilometer.
Payakumbuh (ANTARA News) - Jalan raya dari Sumatera Barat (Sumbar) menuju Provinsi Riau dan sebaliknya ditutup selama tiga jam karena menjadi rute Tour de Singkarak (TdS) untuk etape dua yang akan dimulai dari Kota Payakumbuh, Senin.

"Etape dua TdS akan melewati jalan Kelok Sembilan yang menghubungkan Sumbar dengan Riau, selama tiga jam jalan tersebut akan kita tutup tutup dan semua kendaraan tidak bleh melewati jalur ini," kata Kepala Kepolisian Resor Payakumbuh AKBP Partomo Iriananto, di Payakumbuh, Senin.

Dijelaskannya, ditutupnya arus lalu lintas di ruas jalan Sumbar-Riau tersebut karena pada jalur itu tidak ada jalan alternatif lain yang bisa digunakan untuk mengalihkan kendaraan menuju dan Kota Padang dan sebaliknya.

"Kami minta maaf dengan keadaan tersebut, namun hal itu tidak akan berlangsung lama, setelah semua pebalap melawati fly over Kelok Sembilan, kami akan membuka kembali jalur tersebut," katanya.

Ia menambahkan, penutupan jalur tersebut berlangsung sejak jam 10.00 WIB sampai 13.00 WIB. dan selanjutnya jalur akan kembali normal seperti sedia kala.

Untuk pengamanan pada etape dua TdS ini, akan mengerahkan sebanyak 800 personel gabungan, terdiri dari 300 aparat kepolisian dan selebihnya dibantu dari TNI, dinas perhubungan, dan Satpol PP. Personil gabungan tersebut katanya akan ditempatkan pada titik-titik rawan kemacetan, seperti persimpangan, lampu merah dan pusat keramaian seperti pasar rakyat.

Kelok sembilan yang menjadi rute TdS pada tahun ini merupakan yang pertama kalinya, karena pada sebelumnya di Payakumbuh pebalap melewati kawasan objek wisata Lembah Harau, untuk tahun ini ditiadakan karena pihak panitia menila jalur tersebut terlalu kecil dan bisa membhayakan pebalap.

Etape dua Tour de Singkarak akan akan dimulai dari Kota Payakumbuh selanjutnya pebalap akan melewati Kabupaten Limapuluh Kota dan menempuh jalan Kelok Sembilan yang menurut rencana akan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono pada akhir tahun ini.

Etape dua ini menjadi salah satu rute terpanjang dalam pergelaran TdS 2013 yakni menempuh jarak sepanjang 212,9 kilometer dan berakhir di tepian Danau Singkarak yang terdapat di Kabupeten Solok.

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013