Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta, mengatakan "Rendang Goes to Europe" merupakan bagian dari misi untuk mempromosikan Indonesia di negara itu.

"Rendang Goes to Europe juga membawa misi promosi Indonesia," kata Iwan melalui rilis pers yang diterima KBRI Sofia yang diterima di Jakarta, Rabu.

Iwan menyampaikan hal itu saat menghadiri pembukaan Trade Expo Indonesia 2023 di ICE BSD, Tangerang, yang diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto pada Rabu.

Pameran dagang itu dihadiri juga oleh perwakilan dari Bella Group Bulgaria dan PT Garuda Mitra Unggul (GMU), yang pada 17 Oktober sebelumnya telah menandatangani nota kesepahaman kerja sama pengadaan bahan baku rendang senilai 34 juta dolar AS (sekitar Rp536,5 miliar) dan kesepakatan joint venture senilai 38 juta dolar AS (sekitar Rp599,7 miliar).

Sebagai bagian dari program "Rendang Goes to Europe", Bella Group bekerja sama dengan PT. GMU turut membuka stan selama pameran yang berlangsung 18-22 Oktober 2023.

Stan tersebut memamerkan produk rendang buatan Bella Group Bulgaria yang dikemas dengan menggunakan logo Wonderful Indonesia.

Baca juga: Dubes RI: Rendang jadi menu favorit buka puasa di Inggris

Baca juga: Koki Indonesia terbang ke Rusia ajarkan menu Nusantara di 15 restoran

Iwan mengatakan pencatuman logo Wonderful Indonesia telah mendapatkan izin dan dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Ini menjadi bagian dari upaya KBRI Sofia dalam mendukung promosi Indonesia ke Eropa, serta turut menyukseskan program Indonesia Spice up the World," katanya.

Hingga akhir 2023, lanjut Iwan, Bella Group akan terus memulai produksi rendang secara masif dan pada Januari 2024 produk rendang siap untuk didistribusikan ke pasar Eropa.

Atas usaha yang dilakukan banyak pihak, Dubes Iwan menyampaikan terima kasih juga kepada Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta pihak-pihak lain yang telah mendukung dan menyukseskan program "Rendang Goes to Europe".

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Wakil Menteri Perdagangan Jeffry Sambuaga juga menyambangi stan rendang yang diproduksi Bella Group Bulgaria.

Ia mengapresiasi kerja sama yang telah dibangun oleh kedua perusahaan sehingga ke depan diharapkan dapat memicu peningkatan perdagangan dan ekspor nasional.

Baca juga: Perusahaan Bulgaria, Indonesia tandatangani MoU dagang dan investasi


Pewarta: Katriana
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023