Jayapura (ANTARA) - Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Papua menyerahkan 300 paket Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada posyandu di Kabupaten Kepulauan Yapen, sebagai upaya percepatan penurunan stunting di daerah itu.

Ketua TP PKK Papua Linda Onibala dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Kamis, mengatakan pihaknya mengapresiasi para kader posyandu yang telah bekerja dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di Yapen.

"Untuk itu kami harapkan bantuan yang sudah diberikan bisa bermanfaat dan membantu percepatan penurunan stunting di Yapen," katanya.

TP PKK telah menyerahkan bantuan 300 paket PHBS secara simbolis di Posyandu Mambruk, Kampung Cina Tua, Distrik Yapen Selatan, Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen, Rabu (18/10).

Menurut Linda, bantuan tersebut memang belum bisa semua diberikan ke seluruh posyandu yang berada di Yapen, tetapi ke depan pihaknya akan berupaya supaya semua puskesmas bisa mendapat bantuan.

Sebelumnya Penjabat (Pj) Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun mengatakan pentingnya pemberian asupan gizi yang rutin sejak usia dini bagi balita, termasuk vaksinasi guna mencegah anak-anak terkena penyakit polio.

"Begitu juga dengan stunting sehingga kami berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Yapen dan kami semua agar bisa selamatkan anak-anak mulai dari posyandu," katanya.

Dia menambahkan anak-anak ini merupakan generasi emas pada 2040 untuk itu pihak mengajak semua pemangku kepentingan di daerah itu untuk bersama-sama dengan serius melakukan pencegahan stunting.

"Karena ini tanggung jawab kami sebagai pemerintah dan menunjukkan bahwa pemerintah hadir untuk rakyat," ujarnya.

 

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023