Melihat dari kondisi internal, investor menantikan Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) yang diprediksi akan mempertahankan kebijakan tingkat suku bunga
Jakarta (ANTARA) - Analis pasar mata uang Lukman Leong memperkirakan rupiah melemah terhadap dolar AS, yang rebound di tengah sentimen risk off pasar karena pernyataan hawkish dari pejabat The Fed Christopher J Waller dan John Williams.

"Waller mengatakan The Fed walau tidak akan menaikkan suku bunga pada pertemuan November 2023, namun bisa saja menaikkan suku bunga di pertemuan berikutnya. Sedangkan, Williams melihat suku bunga The Fed akan tetap tinggi untuk waktu yang lebih lama," kata dia ketika dihubungi ANTARA di Jakarta, Kamis.

Faktor lain dari pelemahan rupiah adalah sikap investor yang mengantisipasi pidato yang lebih hawkish dari Kepala The Fed Jerome Powell pada malam ini. Powell diperkirakan memberikan pernyataan yang lebih hawkish mengingat data ekonomi AS yang masih kuat dan inflasi yang tidak turun sesuai harapan.

Data penjualan ritel AS mengalami peningkatan 0,7 persen month to month (mtm) dengan ekspektasi 0,3 persen dan naik 3,8 persen year on year (yoy) dengan ekspektasi 1,5 persen.

"Melihat dari kondisi internal, investor menantikan Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) yang diprediksi akan mempertahankan kebijakan tingkat suku bunga," ungkap Lukman.

Nilai tukar (kurs) rupiah, yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis pagi melemah sebesar 0,43 persen atau 68 poin menjadi Rp15.798 per dolar AS dari sebelumnya Rp15.730 per dolar AS.

Baca juga: Rupiah pada Kamis pagi melemah jadi Rp15.798 per dolar AS
Baca juga: Ekonom: Pelemahan rupiah akan berlanjut dalam jangka menengah
Baca juga: Dolar AS datar di tengah penjualan ritel lebih baik dari perkiraan


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023