Jakarta (ANTARA) - Provinsi DKI Jakarta menjadi tuan rumah "Crisis Management Conference (CMC) 2024" yang diselenggarakan pada Mei 2024 untuk membahas penanganan bencana di sejumlah
kota besar dunia.

"Hari ini pun kami telah berkesempatan mempelajari banyak hal baru di antaranya dari Kuala Lumpur, Durban, Seoul, Manila dan Tokyo,” kata Kepala Biro Kerja Sama Daerah Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi DKI Jakarta, Marulina Dewi saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.
 
Marulina menerima penyerahan tuan rumah "CMC 2024" dari Tokyo Metropolitan Government. Penetapan ini dilakukan melalui pemilihan proposal yang diajukan oleh sejumlah kota anggota Network for Crisis Management (NCM) dan dipilih oleh Tokyo Metropolitan Government sebagai Sekretariat NCM.
 
Marulina menjelaskan, Jakarta telah mengembangkan berbagai strategi penanganan bencana sejak menjadi anggota NCM.
 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga mengundang para peserta "CMC 2023" untuk menghadiri "CMC 2024". Penyelenggaraan "CMC 2024" dapat menjadi tolok ukur pencapaian Jakarta dalam membangun keamanan dan ketahanan bencana.
 
"Sekaligus kesempatan memperluas jejaring kerja sama dengan kota-kota lain dalam menuju visi Jakarta sebagai Kota Global," kata Marulina.

Baca juga: BPBD DKI: Respons cepat warga dapat kurangi fatalitas kebakaran
Baca juga: Dampak musim kemarau di Jakarta masih terkendali
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, Isnawa Adji menjelaskan, konferensi itu membahas berbagai langkah yang telah dilakukan Jakarta dalam kesiapan penanganan bencana. Hal itu terdapat dalam paparan Isnawa berjudul "Jakarta's Resilience in Disaster Preparedness".
 
Adapun kesiapan Jakarta dalam penanganan bencana antara lain pembentukan tim respon cepat mitigasi bencana di setiap kelurahan. Selain itu inisiasi sekolah aman bencana kolaborasi antara unsur pemerintah, akademisi, badan dan atau pelaku usaha, masyarakat atau komunitas dan media massa (pentahelix) serta ruang literasi bencana.
 
CMC merupakan pertemuan tahunan bagi 14 kota dari 14 negara anggota NCM. NCM merupakan jejaring internasional sebagai wadah bagi kota-kota dunia untuk mendiskusikan penanganan bencana dan Jakarta telah menjadi anggota sejak 2001.
 
Tahun ini, "CMC 2023" kembali diadakan di Tokyo, Jepang, yang dihadiri oleh perwakilan atau delegasi dari kota Bangkok, Kuala Lumpur, Manila, Seoul, Singapura, Durban, Catalonia dan Brussel.
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023