Jakarta (ANTARA) - Skin Barrier adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan lapisan atas kulit, yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit.

Skin barrier juga melindungi kulit dari bahan kimia berbahaya, polusi, kuman, dan iritasi. Namun, jika tidak dijaga dengan benar, maka skin barrier akan mudah rusak.

Dokter spesialis kecantikan dari klinik kecantikan Dermaexpress Skin dr. Richard Yehezkiel dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis, menjelaskan ada beberapa hal yang dapat menyebabkan skin barrier rusak seperti kurang tidur, stres, tidak menggunakan pelembap dan sunscreen (tabir surya), eksfoliasi kulit berlebihan dan terpapar sinar matahari secara langsung.

Skin barrier yang rusak dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada kulit seperti rasa gatal, perih, kasar, dan pecah-pecah. Tidak hanya itu, jika skin barrier rusak, kulit jadi sensitif dan dapat berdampak pada munculnya jerawat,” kata Richard.

Oleh sebab itu Richard memberikan sejumlah cara mudah yang dapat dilakukan untuk membantu mengembalikan skin barrier yang sudah rusak.

1. Gunakan facial cleanser yang lembut
Membersihkan wajah penting agar dapat menghilangkan kotoran, debu dan juga sisa make up setelah beraktivitas seharian. Seseorang wajib membersihkan wajah secara rutin menggunakan facial cleanser dengan tekstur gel.

“Selain dapat mengurangi gesekan penyebab iritasi, menggunakan facial cleanser ini dapat memperbaiki skin barrier yang rusak karena lembut saat diaplikasikan pada kulit,” jelas Richard.

2. Selalu menggunakan tabir surya
Setelah menggunakan pelembab wajah, jangan lupa untuk memakai sunscreen (tabir surya). Jika lupa, maka akan memperburuk kondisi skin barrier yang sedang rusak.

Pilihlah sunscreen dengan SPF 30 yang memberikan perlindungan kulit terhadap radiasi sinar matahari UVA dan UVB dan juga dengan kandungan niacinamide yang mampu menangkal polusi dari luar sekaligus menjaga kelembapan alami dari kulit.
 
Skin Barrier Protector Sleeping Mask dan Skin Barrier Protector Ceramide Serum dari dex.skin by derma_express. (ANTARA/HO-Dermaexpress)


3. Pilih produk skincare yang dapat memperbaiki skin barrier
Seseorang dapat memilih produk skincare (perawatan kulit) yang dapat memperbaiki skin barrier seperti serum yang mengandung ceramides.

Salah satu produk dex.skin by derma_express yang mengandung ceramide adalah Skin Barrier Protector Ceramide Serum. Produk tersebut juga dilengkapi dengan Biosaccharide Gum-1, Acetyl Tetrapeptide-9 dan Acetyl Tetrapeptide-11 yang dapat dua kali lebih cepat memperbaiki skin barrier, menghilangkan kerutan dan garis halus, serta mengurangi hiperpigmentasi (flek hitam).

4. Rutin menggunakan sleeping mask
Setelah membersihkan wajah dan menggunakan serum, seseorang dapat mengoleskan sleeping mask sebelum tidur.

dex.skin by derma_express meluncurkan Skin Barrier Protector Sleeping Mask yang diformulasikan dengan kandungan Ceramide, Niacinamide, Beta Glucan dan Biosaccharide Gum-1 yang dapat dua kali lebih cepat memperbaiki skin barrier, menjadikan kulit lebih kenyal dan menjaga kelembapan sepanjang malam.

Baca juga: Mengenal BHA, formula untuk perawatan wajah berminyak dan berjerawat

Baca juga: Bolehkah berganti "skincare" setiap hari?

Baca juga: Scarlett hadirkan Ultra Light Daily Sunscreen untuk lindungi kulit

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023