Jakarta (ANTARA) - Bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo mengatakan bahwa keikutsertaannya dalam kontestasi Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 dengan didampingi Mahfud MD bukan demi pencapaian pribadi namun terkait nasib bangsa.

“Kami berdua ingin menekankan, sekali lagi, (pilpres) ini bukan tentang Ganjar, ini bukan tentang Mahfud MD, dan ini juga bukan tentang kekuasaan. Namun, ini adalah tentang nasib bangsa,” ujar Ganjar di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Kamis.

Dia juga menyatakan bahwa perjuangannya pada pilpres kali ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Untuk mewujudkan hal tersebut, mantan Gubernur Jawa Tengah yang menjabat dua periode pada 2013 hingga 2023 itu menuturkan bahwa Indonesia harus menjadi negara yang bersih dan bebas korupsi.

Selain itu, ia mengatakan bahwa pemerintah dan negara harus hadir secara nyata untuk melayani rakyat.

“Negara ini harus berjalan dengan baik,” ucap Ganjar.

Dia pun menyatakan bahwa dirinya dan Mahfud MD siap untuk mewujudkan hal tersebut.

Insyaallah dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya dan Pak Mahfud akan menjalankan tugas itu,” katanya.

Ganjar-Mahfud menjadi pasangan bakal capres dan cawapres kedua yang mendaftar ke KPU RI setelah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

KPU RI memutuskan membuka pendaftaran bakal capres dan cawapres untuk Pemilu 2024 pada 19-25 Oktober 2023.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga, pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

Baca juga: Ganjar-Mahfud tampilkan "QR Code" visi, misi, dan program kerja

Baca juga: Pesan ibunda kepada Mahfud MD: Tetaplah lurus dan jujur


Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023