Intinya adalah apa yang kita lahirkan dari Fuel Card 3.0 ini, bukan untuk Batam saja, tapi kita punya keinginan se-Indonesia digunakan
Batam, Kepri (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, mencatat sebanyak 8.265 warga di daerahnya telah memiliki kartu Fuel Card 3.0 sebagai alat pengendali untuk pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Solar.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam Gustian Riau di Batam, Kepri, Kamis mengatakan setelah penerapan kartu Fuel Card 3.0, maka diharapkan tidak ada ditemukan kasus penyalahgunaan ataupun penimbunan Solar subsidi di daerah setempat.

"Pengguna Fuel Card hanya dapat melakukan transaksi satu kali dalam sehari, dengan batasan pembelian," katanya.

Menurutnya, Fuel Card 3.0 akan efektif mencegah penimbunan Solar di kota itu.

"Dengan pengaturan menggunakan kartu, tidak ada lagi penyalahgunaan yang tidak berhak menggunakan Solar. Alhamdulillah, Solar yang sekarang sampai Desember cukup," ujar dia.

Menurut Gustian, jika dalam sehari melakukan transaksi lebih dari ketentuan yang sudah ditetapkan, maka Fuel Card 3.0 secara otomatis akan terblokir.

Ia menyampaikan sejumlah daerah di Indonesia juga telah berkunjung ke Pemkot Batam untuk mempelajari penerapan Fuel Card 3.0, seperti NTT, Palembang, Riau, dan Kalimantan.

"Intinya adalah apa yang kita lahirkan dari Fuel Card 3.0 ini, bukan untuk Batam saja, tapi kita punya keinginan se-Indonesia digunakan," ujarnya.

Gustian menyampaikan pihaknya juga berencana menerapkan penggunaan Fuel Card 3.0 untuk BBM bersubsidi jenis Pertalite yang berlaku untuk kendaraan roda empat.

"Setelah Fuel Card untuk Solar tahun ini, kita rencana mau masuk ke Pertalite dan saat ini lagi dirumuskan sekarang. Rencana akan kerja sama dengan BRI. Ada sekitar 178 ribu kendaraan pengguna Pertalite," ujar dia.

Baca juga: Pertamina: 35 SPBU di Batam terapkan QR code pembelian Solar subsidi
Baca juga: DPRD Kepri minta Pertamina masif sosialisasikan kartu kendali solar
Baca juga: Polisi tangkap pelaku penimbun 630 liter Bio Solar bersubsidi di Batam

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023