Chengdu (ANTARA) - Konvensi Fiksi Ilmiah Sedunia (World Science Fiction Convention/WorldCon) ke-81 dibuka pada Rabu (18/10) di Chengdu, Ibu Kota Provinsi Sichuan, China barat daya.

Chengdu adalah kota kedua di Asia dan kota pertama di China yang menjadi tuan rumah WorldCon, yang merupakan salah satu acara fiksi ilmiah terbesar, paling dinanti, dan memiliki sejarah penyelenggaraan terlama di dunia.

Mengusung tema "Meet the Future", WorldCon Chengdu akan menyoroti hubungan simbiosis antara fiksi ilmiah dan kota tersebut, menghadirkan lebih dari 200 kegiatan, panel dan ekshibisi, Hugo Awards, serta pameran bertema yang menempati area seluas 5.000 meter persegi.

Penulis fiksi ilmiah terkenal dari seluruh dunia, termasuk pemenang Hugo Award Liu Cixin dan Robert J. Sawyer, menghadiri acara yang berlangsung selama lima hari tersebut, berbagi pengetahuan mereka tentang teknologi baru dan visi mereka tentang dunia baru.

Dalam beberapa tahun terakhir, Chengdu telah melakukan berbagai upaya besar untuk mengembangkan industri budaya fiksi ilmiah serta menjadikan kota tersebut sebagai basis fiksi ilmiah China. Chengdu terpilih menjadi tuan rumah WorldCon 2023 pada Desember 2021 lalu.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023