Tanpa ada yang membuka gerbang kemerdekaan, tentu bangsa Indonesia tidak akan menjadi seperti saat ini.
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah mengatakan urutan mobil dalam pawai budaya bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud Md. menuju Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis, menyimbolkan bahwa pasangan tersebut akan meneruskan agenda pembangunan yang terkandung dalam konsep Trisakti yang diprakarsai oleh Bung Karno.

"Mobil Bung Karno yang digunakan sebagai mobil terdepan sebagai pembuka jalan (bagi iring-iringan) mengingatkan akan sejarah bahwa Bung Karno adalah sosok yang membuka gerbang kemerdekaan bangsa Indonesia," kata Said Abdullah kepada ANTARA melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Kamis.

Melalui kepemimpinan Soekarno serta pengorbanan tokoh-tokoh perjuangan dan seluruh masyarakat, dia berharap Indonesia dapat membuka lembaran sejarah baru yang terlepas dari penjajahan.

"Tanpa ada yang membuka gerbang kemerdekaan, tentu bangsa Indonesia tidak akan menjadi seperti saat ini," ucapnya.

Upaya Bung Karno ini, kata Said, menjadi titik awal perjuangan bangsa Indonesia yang kini akan diteruskan oleh pasangan Ganjar-Mahfud.

Dalam pawai menuju kantor KPU, lanjut dia, hal ini disimbolkan dengan tidak dinaikinya eks mobil dinas Soekarno itu oleh Ganjar dan Mahfud, tetapi mereka justru menaiki mobil lain di belakangnya.

Menurut Said, melanjutkan perjuangan sang Proklamator dan mewujudkan cita-cita kemerdekaan bukan hal yang mudah. Namun, tidak ada hal yang tidak bisa dilakukan jika semua pihak bersatu untuk bekerja sama.

"Pasangan Ganjar-Mahfud adalah wujud persatuan nasional sebagaimana persatuan dwitunggal Bung Karno dan Bung Hatta," kata Said.

Konsep Trisakti yang bertujuan membuat Indonesia berdaulat dalam bidang politik, berdikari secara ekonomi, dan berkepribadian dalam budaya, kata dia, merupakan konsep yang relevan untuk diimplementasikan saat ini.

"Konsep Trisakti ini sangat relevan untuk diterapkan sekarang, terutama mempertimbangkan tantangan geopolitik masa kini," ucapnya.

Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. bertolak dari Tugu Proklamasi menuju Kantor KPU RI, Jakarta, sekitar pukul 11.45 WIB dengan diiringi oleh ribuan sukarelawan.

Mereka menaiki sebuah mobil pikap yang sudah dimodifikasi dan dihiasi foto kedua tokoh tersebut bersama politikus PDI Perjuangan Puan Maharani.

Sementara itu, eks mobil dinas Presiden RI Soekarno yang berjenis Cadillac Fleetwood 75 Limousine berjalan di depan mobil pikap tersebut.

Baca juga: KPU RI sebut dokumen pendaftaran Ganjar-Mahfud lengkap
Baca juga: KPU sebut dokumen pendaftaran Anies-Cak Imin lengkap


Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023