Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di YouTube menarasikan bahwa Jokowi langsung melantik Anies Baswedan menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Istana Negara pada 18 Oktober. 

Thumbnail dalam unggahan video tersebut terlihat Jokowi sedang berbincang dengan Anies Baswedan. Dibelakangnya terdapat sekelompok orang berbaris menggunakan baju putih dan jas hitam.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“GEGER SORE INI || JOKOWI LANTIK LANGSUNG ANIES JADI KETUA KPK, DISIARKAN LANGSUNG DARI ISTANA”

Namun, benarkah Jokowi lantik Anies jadi Ketua KPK pada 18 Oktober?

 

Unggahan video hoaks yang menarasikan Jokowi resmi lantik Anies jadi ketua KPK. Faktanya, isi video tidak sesuai dengan narasi judul. (YouTube)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA, thumbnail dalam unggahan tersebut merupakan hasil suntingan. Foto asli dalam thumbnail tersebut merupakan foto Jokowi, Anies Baswedan, Menkes Budi Gunadi, dan Menhub Budi Karya Sumadi sedang meninjau vaksinasi di terminal bus Kampung Rambutan, serupa dengan unggahan Medcom berjudul “Didampingi Anies, Jokowi Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Terminal Kampung Rambutan”.

Background thumbnail tersebut juga serupa dengan unggahan foto pada laman Jurnal Media yang berjudul “KPU tetapkan Pilkada 2017 pada 15 Februari”, jadi kedua foto tersebut tidak sesuai dengan narasi judul video.

Selain itu, narator dalam video tersebut hanya membacakan berita dari laman Setneg yang berjudul “Presiden Jokowi Terima Surat Pengunduran Diri Mentan, Tunjuk Kepala Bapanas sebagai Plt”  dan Suara.com yang berjudul “Jokowi Terima Pengunduran Diri Syahrul Yasin Limpo dari Kursi Menteri Pertanian, Diganti Arief Prasetyo Adi”. Dalam berita tersebut, tidak ada narasi Jokowi melantik Anies menjadi Ketua KPK.

Klaim: Jokowi lantik Anies jadi Ketua KPK pada 18 Oktober

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Ahok resmi jadi ketua KPK

Cek fakta: Hoaks! Jokowi tunjuk Mahfud MD jadi ketua KPK

Baca juga: Anies-Muhaimin sebut berkas pendaftaran Pilpres 2024 memenuhi syarat

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023