Jakarta (ANTARA) - Tunggal putra Indonesia Yohanes Saut Marcellyno dan Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay kompak melaju ke perempat final Indonesia International Challenge 2023, Kamis.

Dalam laga yang digelar di Surabaya, Jawa Timur itu, Saut meraih kemenangan saat berhadapan melawan wakil Jepang Yushi Tanaka dengan skor 21-13, 21-12.

"Saya sudah melakukan persiapan dengan matang menghadapi laga hari ini. Sejak awal laga saya mencoba menerapkan strategi yang diinginkan, lawan terlihat masuk ke permainan saya sehingga saya bisa leluasa menyerang dan mengembangkan permainan," ungkap Saut melalui informasi resmi PP PBSI di Jakarta.

Pada pertandingan ini tunggal putra kelahiran 2 Mei 2003 itu mengaku sudah melakukan persiapan matang untuk menghadapi wakil Negeri Matahari Terbit itu.

Dengan bermain menyerang sejak awal, runner up Denmark Junior 2021 itu membuat lawan yang merupakan tunggal putra peringkat ke-44 dunia tersebut kewalahan.

Dengan hasil tersebut, runner up Denmark Junior 2021 itu akan menghadapi wakil Malaysia Sholeh Aidil pada babak perempat final, Jumat (20/10). Tunggal putra asal Negeri Jiran itu tercatat meraih tiket delapan besar setelah mengalahkan wakil Jepang Ryoma Muramoto dengan skor 21-17, 21-19.

"Saya tidak mau terbebani saat berlaga di perempat final. Saya mencoba untuk fokus dan menjaga motivasi agar bisa terus bermain konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal," kata pebulu tangkis juara Finnish Junior 2021 itu.

Baca juga: Stephanie ke perempat final IIC 2023 usai kalahkan rekan senegara

Kesuksesan juga dipetik Ikhsan yang melangkah ke perempat final berbekal kemenangan atas Hikaru Minegishi (Jepang) dengan skor 21-12, 21-9.

"Kepercayaan diri saya tampil di turnamen ini sangat tinggi dengan persiapan yang telah saya lalui selama ini. Saya berharap bisa bermain konsisten pada setiap pertandingannya dan sebisa mungkin tidak menganggap beban," ungkap Ikhsan.

Kemenangan tersebut disambut positif oleh tunggal putra peringkat ke-114 dunia itu, mengingat ia belum merasakan atmosfer pertandingan usai mendapatkan bye hingga 16 besar.

"Senang rasanya bisa meraih kemenangan setelah mendapatkan bye dua kali di babak pertama dan kedua, akhirnya saya bisa merasakan feel pertandingan di sini," tutur Rumbay.

Dengan kemenangan tersebut, Ikhsan selanjutnya akan berhadapan melawan wakil Indonesia lainnya Tommy Sugiarto. Pada pertandingan sebelumnya, tunggal putra kelahiran 31 Mei 1988 itu meraih kemenangan dengan skor 21-16, 23-21 atas wakil Jepang Shota Omoto.

Tak hanya Saut, Ikhsan, dan Tommy yang lolos ke perempat final, namun juga ada tunggal putra Krishna Adi Nugraha. Ia lolos ke babak delapan besar usai menundukkan M Atef Haikal Taufik asal Malaysia dengan skor 21-15, 21-12.

Baca juga: Verrell/Priskila main tanpa beban untuk amankan kemenangan
Baca juga: Laju Krishna masih berlanjut hingga perempat final IIC 2023

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023