Tiba sekitar pukul 14.00 waktu setempat, Presiden disambut secara resmi oleh PM Arab Saudi di halaman depan Istana Al-Yamamah dan kemudian berjalan bersama menuju panggung kehormatan
Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman al-Saud di Istana Al-Yamamah, Riyadh, Arab Saudi, Kamis.

Tiba sekitar pukul 14.00 waktu setempat, Presiden disambut secara resmi oleh PM Arab Saudi di halaman depan Istana Al-Yamamah dan kemudian berjalan bersama menuju panggung kehormatan, sebagaimana keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden diterima di Jakarta, Kamis malam.

Keberangkatan Presiden menuju istana sebelumnya didampingi oleh Menteri Perdagangan Arab Saudi Majid bin Abdullah Al-Kassabi.

Prosesi penyambutan Presiden Jokowi di Istana Al-Yamamah dilanjutkan dengan diperdengarkannya lagu kebangsaan kedua negara.

Selanjutnya, kedua pemimpin berjalan masuk menuju lobi Istana untuk memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara.

Delegasi Indonesia yang turut serta dalam pertemuan tersebut, yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Kerajaan Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad, dan Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailani.

Baca juga: Presiden Jokowi dan PM Arab Saudi lakukan pertemuan bilateral

Baca juga: Presiden Jokowi lanjutkan kunjungan kenegaraan ke Riyadh Arab Saudi


Sementara dari Kerajaan Arab Saudi turut hadir yaitu Menteri Pertahanan Arab Saudi Khalid bin Salman al-Saud, Menteri Olahraga Arab Saudi Abdulaziz bin Turki Al Faisal Al Saud, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Faisal bin Farhan al-Saud, Menteri Kebudayaan Arab Saudi Badr bin Farhan al-Saud, Menteri Keuangan Arab Saudi Muhammad Abdullah Al-Jadaan, dan Menteri Investasi Arab Saudi Khalid Abdulaziz Al-Falih.

Selepas itu, Presiden Jokowi dan PM Arab Saudi melakukan pertemuan bilateral di ruang pertemuan, Istana Al-Yamamah. Setelah pertemuan bilateral selesai, Presiden Jokowi kemudian menghadiri jamuan makan oleh PM Arab Saudi.

Rangkaian pertemuan ini diakhiri dengan penandatanganan sejumlah nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara pemerintah Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi yang disaksikan oleh Presiden Jokowi dan PM Arab Saudi.

Kerja sama yang ditandatangani yakni pembentukan Dewan Koordinasi Tertinggi antara Republik Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi, kerja sama teknis antara Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan Organisasi Standar, Metrologi, dan Kualitas Saudi, kerja sama di bidang pemuda dan olahraga dan kerja sama jaminan produk halal.

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023