Hangzhou (ANTARA) - Estafet obor untuk Asian Para Games keempat resmi dimulai di wilayah Chun'an di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China timur, pada Kamis (19/10).

Anggota Dewan Negara China Shen Yiqin menyalakan obor dari kaldron dan menyerahkannya kepada Tan Yujiao, pembawa obor pertama yang merupakan peraih medali emas cabang olahraga (cabor) angkat berat di Paralimpiade Rio dan Tokyo, kemudian mengumumkan dimulainya estafet tersebut.

Xiang Huaxing, pembawa obor kelima, mengatakan dirinya sangat senang dapat mengoper obor Asian Para Games di kampung halamannya.

"Saya berharap semua penyandang disabilitas memiliki rasa percaya diri dan melampaui keterbatasan mereka," tutur Xiang, yang meraih enam medali emas dan tiga medali perak di National Para Games.

Wilayah Chun'an, yang terkenal dengan objek wisata "Danau Seribu Pulau" yang indah, merupakan wilayah terbesar di Provinsi Zhejiang dan akan menjadi venue pertandingan cabor balap sepeda di ajang Asian Para Games keempat.

Setelah etape Chun'an, estafet obor itu akan dilanjutkan ke Kota Jiande di wilayah Tonglu, lalu Distrik Xiaoshan di Hangzhou, dengan masing-masing lokasi menyelenggarakan estafet obor selama setengah hari.

Hangzhou belum lama ini menjadi tuan rumah Asian Games ke-19, di mana China menduduki posisi teratas dalam daftar perolehan medali dengan 201 medali emas. Asian Para Games keempat akan diselenggarakan pada 22-28 Oktober mendatang, demikian warta Xinhua.


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023