Jakarta (ANTARA) - Pembangunan sumber daya manusia (SDM) menjadi program prioritas bakal calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Sesuai visi-misi, pasangan ini bertekad mewujudkan cita-cita Indonesia unggul.

Politikus Partai Hanura, Inas Nasrullah menyebut, untuk mewujudkan itu semua Ganjar sudah memiliki konsep penyediaan anggaran untuk memastikan ketersediaan fasilitas riset dan laboratorium yang modern dan lengkap untuk eksperimen dan penelitian mendalam.

"Sistem pendidikan yang baik harus didukung juga dengan investasi riset dan pengembangan sehingga pemerintah dan sektor swasta perlu meningkatkan investasi dalam riset dan pengembangan untuk mendukung proyek-proyek inovatif," kata Inas dalam keterangannya pada Jumat.

Menurut Inas, investasi dalam sistem pendidikan yang baik adalah kunci untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Hal ini melibatkan peningkatan kurikulum, fasilitas, dan kualifikasi guru.

"Ganjar telah memberikan contoh melalui program peningkatan kualitas SMKN di Jawa Tengah," ujarnya.

Pasangan Ganjar-Mahfud sudah menyerahkan visi-misi ke KPU sebagai salah satu syarat pendaftaran sebagai capres dan cawapres. Visi-misi Ganjar-Mahfud diserahkan dalam bentuk dokumen dengan tebal 33 halaman.

Visi Ganjar-Mahfud adalah Menuju Indonesia Unggul Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari. Visi itu ditunjang delapan misi, yang dinamai 8 Gerak Cepat Ganjar Pranowo & Mahfud Md.

Berikut misi pasangan Ganjar-Mahfud:
1. Mempercepat Pembangunan Manusia Indonesia Unggul yang Berkualitas, Produktif, dan Berkepribadian.
2. Mempercepat Penguasaan Sains dan Teknologi Melalui Percepatan Riset dan Inovasi (R & I) Berdikari.
3. Mempercepat Pembangunan Ekonomi Berdikari Berbasis Pengetahuan dan Nilai Tambah.
4. Mempercepat Pemerataan Pembangunan Ekonomi.
5. Mempercepat Pembangunan Sistem Digital Nasional.
6. Mempercepat Perwujudan Lingkungan Hidup yang Berkelanjutan Melalui Ekonomi Hijau dan Biru.
7. Mempercepat Pelaksanaan Demokrasi Substantif, Penghormatan HAM, Supremasi Hukum yang Berkeadilan dan Keamanan yang Profesional.
8. Mempercepat Peningkatan Peran Indonesia dalam Mewujudkan Tata Dunia Baru yang Lebih Berkeadilan Melalui Politik Luar Negeri Bebas Aktif dan Memperkuat Pertahanan Negara.

Baca juga: Rapimnas PPP: Bentuk tim pemenangan Ganjar-Mahfud seluruh Indonesia

Baca juga: Said Abdullah: Duet Ganjar-Mahfud lahirkan "ratu adil"

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023