Pelaku UMKM tersebut merupakan binaan Diskuperdagin Cianjur yang tersebar di 14 kecamatan, .....
Cianjur (ANTARA) - Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskuperdagin) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, melibatkan seratus lebih pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam pencanangan titik nol kilometer Calon Daerah Otonom Baru Cianjur Selatan (Cisel) di Kecamatan Sindangbarang.

Kepala Bidang UMKM Diskuperdagin Kabupaten Cianjur, Epra Haryono di Cianjur Jumat, mengatakan dilibatkannya seratusan lebih pelaku UMKM dalam kegiatan kemah bersama Bupati Cianjur, sebagai upaya menyediakan pasar langsung di lokasi pusat Kabupaten Cianjur Selatan.

"Pelaku UMKM tersebut merupakan binaan Diskuperdagin Cianjur yang tersebar di 14 kecamatan, masing-masing kecamatan mengirimkan 10-15 pelaku UMKM dengan berbagai produk, sehingga kegiatan peresmian titik nol ditunjang dengan kegiatan perekonomian," katanya.

Epra menjelaskan, pencanangan titik nol CDOB Kabupaten Cianjur Selatan di Desa Mekarlaksana, Kecamatan Sindangbarang, dimulai dengan kegiatan kemah bersama Bupati Cianjur dan seluruh kepala OPD, Minggu-Senin, 22-23 Oktober.

Kegiatan tersebut akan diramaikan dengan upacara adat yang diikuti seluruh desa yang masuk dalam wilayah pemekaran, dibarengi dengan Jambore Kader Posyandu se wilayah Cianjur selatan, Bazaar UMKM dan acara hiburan pada malam hari.

"Kami akan terus melibatkan pelaku UMKM di Cianjur dalam berbagai acara resmi pemerintahan, sehingga perekonomian terus meningkat dan laju inflasi dapat ditekan karena dalam setiap acara digelar bazar pangan murah bersama dinas terkait lainnya dan Bulog Cianjur," katanya.

Pemerintah Kabupaten Cianjur mendukung penuh pemekaran wilayah selatan menjadi Kabupaten Cianjur Selatan, seiring dengan peresmian titik nol kabupaten baru tersebut di Kecamatan Sindangbarang yang digagas Bupati Cianjur Herman Suherman.

Bupati Kabupaten Cianjur, Herman Suherman, mengatakan foto dan video prasasti yang sudah beredar di media sosial terkait pemekaran itu akan terpasang di lokasi titik nol, tepatnya di Kampung Puncak Pakis, Desa Mekarlaksana, Kecamatan Sindangbarang.

"Sebagai bentuk dukungan penuh kabupaten induk terkait pemekaran wilayah selatan menjadi kabupaten baru, akhir bulan ini, prasasti yang sudah beredar akan dipasang secara resmi di lokasi calon ibu kota Kabupaten Cianjur Selatan," katanya.

Bupati Cianjur menjelaskan, peresmian titik nol Kabupaten Cianjur Selatan, bukti keseriusan Pemkab Cianjur sebagai kabupaten induk, dalam mendukung pemekaran dengan tujuan percepatan pembangunan di wilayah tersebut yang selama ini dinilai terlambat.
 

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023