Makassar (ANTARA) - Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar mendorong perkembangan teknologi dalam dunia usaha dengan tumbuhnya bisnis yang berbasis teknologi khususnya pada sektor UMKM.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Makassar Muhammad Rheza di Makassar, Jumat, mengatakan, Expo Produk UMKM dan Kolaborasi Technopreneur 2023 yang digelar mengangkat tema Smart Skill And Go Digital.

"Kegiatan  produk UMKM ini berlangsung selama tiga hari, dimulai Kamis hingga Sabtu (19-21/10). Yang pasti kita mendorong perkembangan teknologi dalam dunia usaha karena memang saat ini era teknologi informasi," ujarnya.

Rheza menyatakan kegiatan juga akan menjadi wadah untuk mempertemukan antara pelaku UMKM dengan Perusahaan Teknologi berbasis E-Commerce/Marketplace serta pihak terkait demi mendukung program nasional yaitu UMKM Go Digital.

Selain itu, kata Rheza, kegiatan diselenggarakan dalam rangka menyambut HUT Kota Makassar ke-416 yang bertema "Next Gen For All" pada 9 November 2023.

"Mulai dari UMKM binaan hingga perusahaan berbasis teknologi seperti E-Commerce/Marketplace baik tingkat nasional maupun startup lokal kota Makassar akan hadir," katanya.

Rheza menerangkan kegiatan ini diisi dengan berbagai sesi acara menarik seperti Bisnis Matching dari Unit Pelayanan Terpadu Kota Makassar, Dukcapil dan DPMPTSP, hingga talkshow Diskop Akademik.

Puluhan UMKM, Ecommerce dan Startup Lokal juga turut memeriahkan expo dan technopreneur tersebut.

"Peserta booth ada 25 UMKM binaan, 6 dari UKM mahasiswa dan inkubator mahasiswa, 7 ecommerce dan startup lokal," terangnya.

Tak hanya UMKM, booth pelayanan terpadu dari Dukcapil dengan pelayanan E-KTP), PTSP dengan pelayanan perizinan, juga inkubator UKM Kota Makassar dengan pelayanan konsultasi hadir memberikan fasilitas layanan publik ke masyarakat.

Diskop Academic dan UMKM Go Digital menghadirkan narasumber dari perwakilan E-commerce, dosen kewirausahaan, (Sampoerna Entrepreneurship Training Center), serta praktisi UMKM.


Baca juga: MenKopUKM: akses teknologi merata dongkrak akselerasi UMKM go digital

Baca juga: Kemenkominfo siapkan pendampingan dukung UMKM Go Online

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023