Altermatter merupakan lokakarya kolaborasi antara seniman Inggris Raya dan Indonesia untuk menciptakan produk baru dengan menggunakan bahan-bahan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan
Jakarta (ANTARA) - Organisasi internasional Inggris Raya British Council Indonesia meluncurkan inisiatif yang mewadahi kolaborasi antara seniman Inggris Raya dan Indonesia yaitu Altermatter.

"Altermatter merupakan lokakarya kolaborasi antara seniman Inggris Raya dan Indonesia untuk menciptakan produk baru dengan menggunakan bahan-bahan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, " kata Country Director Indonesia dan Director South East Asia British Council, Summer Xia, dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.
 
Dia menjelaskan kegiatan itu menandai salah satu dari 75 tahun kontribusi British Council Indonesia, khususnya pada sektor seni Tanah Air.

Melalui seni, budaya, pendidikan, dan bahasa Inggris, British Council Indonesia telah membantu membangun koneksi, kesepahaman, dan rasa percaya di antara masyarakat di Inggris Raya dan di seluruh dunia.
 
Xia mengaku sangat bangga dengan sejarah kolaborasi antara Inggris Raya dan Indonesia yang telah membina dan memberdayakan generasi muda di bidang ekonomi kreatif, pendidikan, dan budaya.
 
"Industri seni sangat penting bagi kesejahteraan suatu bangsa karena seni mencerminkan budaya dan nilai-nilai suatu bangsa, menghubungkannya dengan seluruh dunia, dan merupakan metode perubahan sosial yang kuat," katanya.
 
Program Altermatter British Council bertujuan untuk menyatukan para seniman Inggris Raya dan Indonesia untuk peduli dan lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan.
 
"Ini adalah kesempatan besar bagi kami untuk mempromosikan keberlanjutan sekaligus memajukan komitmen kami terhadap seni,” kata Xia.
 
Head of Arts and Creative Industries of British Council Indonesia, Camelia Harahap, mengatakan pihaknya percaya bahwa seni dan kerajinan memerlukan pendekatan alternatif yang mengedepankan dan memperhatikan kelestarian lingkungan, ekonomi, dan budaya.
 
Hal itu didukung oleh minat para desainer dan seniman Indonesia untuk memanfaatkan kembali material yang sudah ada dan mengembangkan material baru dalam menciptakan karya seni dengan menggunakan biomaterial dan material alternatif. 

Pewarta: Indriani
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023