Sebab dia adalah Ketua KPK seharusnya patuh hukum dan jadi teladan baik bukan memperlihatkan sikap yang menghambat upaya penyidikan
Jakarta (ANTARA) - Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo menilai ketindakhadiran Firli Baruhi sebagai saksi dalam pemeriksaan di Polda Metro Jaya terkait kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menunjukkan sikap menghambat penyidikan kasus tersebut.

Menurut Yudi, Firli seharusnya memprioritaskan panggilan tersebut bukan kegiatan lain, mengingat jabatannya sebagai Ketua KPK.

“Sebab dia adalah Ketua KPK seharusnya patuh hukum dan jadi teladan baik bukan memperlihatkan sikap yang menghambat upaya penyidikan,” kata Yudi di Jakarta, Jumat.

Yudi yang influencer antikorupsi ini menyesali ketidakhadiran Firli Bahuri dari panggilan pemeriksaan sebagai saksi di Polda Metro Jaya hari ini.

Ia menyebut, alasan ketidakhadiran Firli yang disampaikan oleh Wakil Ketua KPK Nurul Gufron terbilang aneh.

Baca juga: Polda Metro Jaya panggil ulang Ketua KPK

“Kenapa bukan Firli sendiri yang muncul ke publik dan menyampaikan kenapa dia tidak hadir, karena panggilan pemeriksaan saksi atas nama individu,” ujarnya.

Yudi menyebut, kesaksian Filri diperlukan untuk membuka kotak pandora bagaimana proses dan kronologis pemerasan yang diduga dilakukan Pimpinan KPK terkait kasus korupsi di Kementan.

“Seharusnya Firli datang jika merasa benar dan menyampaikan yang sebenarnya dan sejujurnya fakta yang terjadi menurut dia di hadapan penyidik,” ujar Yudi.

Terkait alasan ketidakhadiran Firli yang disampaikan oleh Wakil Ketua KPK dengan meminta waktu penjadwalan ulang pemeriksaan karena memerlukan waktu untuk mempelajari materi pemeriksaan, menurut Yudi tidak ada yang perlu dipersiapkan oleh Firli.

Sebab, kata dia, penyidik sudah memiliki alat bukti dan barang bukti sehingga saksi tinggal menjabat dalam kapasitasnya.

“Sebenarnya tidak ada yang perlu dipersiapkan atau dipelajari sebab penyidik sudah memiliki alat bukti dan barang bukti sehingga Firli tinggal menjawab dalam kapasitasnya kali ini yaitu sebagai saksi atas apa yang dia lihat, dengar dan alami sekali secara jujur,” kata Yudi memaparkan.

Dengan dijadwalkan ulang pemeriksaan terhadap Firli, Yudi menyebut penyidik bisa membawa paksa Ketua KPK tersebut bila pada pemanggilan berikutnya tetap mangkir dengan alasan yang tidak patut.

“Sikap kooperatif dari Firli Bahuri akan kita lihat apakah dia akan hadir atau tidak dalam penjadwalan ulang pemeriksaan oleh pihak Polda Metro,” ujar Yudi.

Baca juga: Ketua KPK Firli Bahuri tidak penuhi panggilan Polda Metro Jaya
Baca juga: ICW berharap Firli tidak cari-cari alasan dan penuhi panggilan polisi


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023