Tur keliling ini bertujuan memperluas segmen pasar program kunjungan pabrik atau wisata industri.
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, Jawa Barat memperkenalkan wisata industri ke Daerah Istimewa Yogyakarta untuk menarik minat wisatawan luar daerah, sekaligus upaya meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pariwisata.

"Kami melakukan roadshow ke Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Yogyakarta, sekaligus studi tiru terkait wisata industri dan desa wisata yang kami miliki," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi Iyan Priyatna, di Sleman, Yogyakarta, Jumat.

Dia mengatakan tur keliling ini bertujuan memperluas segmen pasar program kunjungan pabrik atau wisata industri, sehingga ke depan semakin dikenal oleh khalayak luas baik dalam maupun luar daerah.

"Kami berharap segmen pasar kita bisa lebih luas yang tadinya hanya para pelajar di Kabupaten Bekasi dan sekitar, sekarang merambah ke Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitar," katanya lagi.

Kabupaten Sleman dipilih sebagai salah satu tujuan tur keliling, mengingat wilayah ini juga dikenal dengan banyak keunggulan di antaranya program desa wisata yang bisa diadopsi di Kabupaten Bekasi.

Iyan mengaku program desa wisata yang sudah dikembangkan luas di Kabupaten Sleman, bahkan sudah mendapatkan pengakuan dunia dengan memperoleh predikat Desa Wisata Internasional.

"Karena itu kami mau belajar ke sini, bagaimana cara menaikkan grade desa wisata di Kabupaten Bekasi sebab kita memiliki desa wisata juga. Jadi sambil memperkenalkan wisata industri, kita juga menimba ilmu terkait pelaksanaan program desa wisata di sini," ujar dia pula.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid mengatakan tur keliling yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi memiliki edukasi penting bagi kemajuan pendidikan di Indonesia.

Menurut dia, Kabupaten Bekasi memiliki potensi luar biasa di sektor industri. Daerah yang dikenal sebagai kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara itu memiliki magnet kuat bagi para pendatang, sehingga tepat untuk pengembangan program wisata industri.

"Saya rasa ini menjadi salah satu target utama kunjungan industri bagi anak sekolah yang ada di Kabupaten Sleman. Kabupaten Bekasi dengan menjadikan wisata, khususnya wisata industri melalui berbagai perusahaan di sana. Saya rasa ini menjadi salah satu destinasi utama bagi anak sekolah terutama masyarakat yang akan berkunjung ke Bekasi," kata dia pula.
Baca juga: Menparekraf resmikan Jababeka Movieland destinasi wisata berbasis film
Baca juga: Pemkab Bekasi ajak warga di kota-kota negara ASEAN berwisata industri


Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023