Pulau Punjung (ANTARA News) - Pebalap OCBC Singapore Continental Cycling Team, Loh Sea Keong mencuri kemenangan pada etape empat "Tour de Singkarak" (TdS) 2013 dari Sinjunjung menuju Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya, Rabu.

Loh Sea Keong mampu merebut kemenangan setelah beradu sprint menjelang finis dengan dua pebalap Indonesia dengan catatan waktu 04.29.44. Waktu ini sama dengan yang dibukukan dua pebalap di belakangnya.

Dua pebalap Indonesia yang mampu bersaing dengan Loh Sea Keong adalah Fito Bakdo Prilanji yang memperkuat CCN Cycling Team Brunei dan Rastra Patria Dinawan yang memperkuat Timnas Indonesia.

Perjuangan Loh Sea Keong untuk menjadi yang terbaik di etape ini tidaklah mudah. Sejak awal perlombaan pebalap asal Malaysia ini terus mendapatkan tekanan dari pebalap lain yang mempunyai spesialisasi sprint.

Lintasan "rolling" dan dilanjutkan jalan lurus membuat kekuatan cukup merata, meski akhirnya terpecah menjadi beberapa rombongan. Loh Sea Keong yang terus berada di depan ikut bersaing dalam merebut poin KOM.

Pada KOM di km 69 Mohd Nor Umardi Rosdi dari Trengganu menjadi yang tercepat disusul Jerry Aquino dari 7 Eleven dan disusul Loh Sea Keong. Hasil ini memantapkan mantan pebalap Timnas Malaysia itu dalam memimpin rombongan.

Keunggulan Loh Sea Keong kembali terlihat saat beradu sprint di km 104. Pebalap OCBC Singapore ini mampu menjadi yang tercepat disusul Jerry Aquino dari 7 Eleven dan Rastra Patria Dinawan dari Timnas Indonesia.

Loh Sea Keong terus unggul sehingga membuat pebalap Timnas Indonesia Rastra Patria Dinawan berusaha untuk menekan. Hasilnya mantan pebalap Polygon Sweet Nice Surabaya ini mampu menjadi yang tercepat di titik sprint kedua di km 147 dan disusul Mohd Nor Umardi Rosdi dan Jerry Aquino.

10 kilometer menjelang finis rombongan terdepan mulai meninggalkan rombongan besar dengan gap lebih dari empat menit. Ada 14 pebalap yang berada di rombongan terdepan itu.

Aksi saling menyusul terus diperagakan oleh semua pebalap terdepan itu. Hanya saja pebalap OCBC Singapore, Loh Sea Keong lebih beruntung setelah masuk finis lebih cepat dibandingkan dengan pebalap-pebalap tuan rumah.

Setelah menyelesaikan etape empat, semua pebalap yang finis dihadapkan dengan etape yang cukup menantang yaitu dari Sawahlunto menuju Muaro Labuh, Kamis (6/6) dengan jarak tempuh 138,5 km.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013