Jakarta (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca cerah berawan akan mendominasi sebagian besar wilayah Ibu Kota Provinsi hari ini, Sabtu.
 
Dikutip dari situs BMKG di Jakarta, wilayah yang akan diprediksi cerah berawan pada siang hari ini yakni Denpasar, Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Jambi, Tarakan, Kupang, Pekanbaru, dan Kendari.
 
Sedangkan wilayah Mamuju, Manokwari, Kota Jayapura, Mataram, Ambon, Samarinda, Palangkaraya, Semarang, dan Serang diprakirakan berawan.
 
Kota Surabaya dan Makassar diprediksi cerah pada siang hari ini.
 
Namun, beberapa wilayah diprediksi akan diguyur hujan ringan pada siang hari ini, yakni Banda Aceh, Gorontalo, Banjarmasin, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Ternate, Manado, dan Medan. Kota Padang diprediksi akan diguyur hujan sedang pada siang hari ini.
 
BMKG memperingatkan masyarakat agar waspada terjadinya hujan petir yang akan terjadi di Kota Bandung, Pontianak, Tanjung Pinang, dan Palembang pada siang hari ini.  

Sedangkan Kota Medan dan Pekanbaru diprediksi mengalami hujan petir di malam hari.

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyampaikan prediksi musim kemarau akan berakhir di sebagian besar wilayah Indonesia mulai akhir Oktober ini, dan awal musim hujan secara bertahap dimulai awal November 2023.  

Namun, akibat tingginya keragaman iklim, awal musim hujan tidak terjadi secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Sementara puncak musim hujan diprediksi akan terjadi pada bulan Januari-Februari 2024.

Awal musim hujan, kata dia, berkaitan erat dengan peralihan Monsun Australia menjadi Monsun Asia. Saat ini, Monsun Asia sudah mulai memasuki wilayah Indonesia, sehingga diprediksi bulan November akan mulai turun hujan.
 
"Artinya, pengaruh El Nino akan mulai berkurang oleh masuknya musim hujan, sehingga diharapkan kemarau kering ini segera berakhir secara bertahap," katanya.

Baca juga: BMKG prakirakan hujan guyur sebagian kota besar di Indonesia

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan lebat di kawasan pegunungan Sumatera Utara

Baca juga: BMKG: Cuaca di sebagian besar wilayah RI cerah berawan hari ini

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023