"Notaris harus selalu menjaga integritas, karena merupakan profesi terhormat,"
Pangkalpinang (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung Harun Sulianto mengambil sumpah janji 13 notaris, agar selalu jaga integritas dengan berpedoman kepada kode etik dan undang undang jabatan notaris.

"Notaris harus selalu menjaga integritas, karena merupakan profesi terhormat," kata Harun Sulianto di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan notaris merupakan profesi terhormat. Untuk itu selalu jaga integritas dengan berpedoman kepada kode etik dan undang undang jabatan notaris.

"Notaris juga berperan dalam pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), dan tindak pidana pendanaan terorisme. Dengan mengedepankan prinsip mengenali pengguna jasa notaris," katanya.

Pada kesempatan itu, Harun Sulianto juga mengambil sumpah seorang penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS).

"Saya berharap kepada Hendri Suzanto, PPNS dari Satpol PP Belitung Timur yang baru saja diambil sumpah untuk selalu kedepankan nilai HAM, serta lakukan penegakan hukum yang berkeadilan," katanya.

Para notaris yang mengucapkan sumpah janji tersebut adalah ,Jimmi Kasidi, Mochamad Andru, Nuryati, dan Stefeni John Siska (Notaris Kota Pangkalpinang).

Notaris Kabupaten Bangka yaitu Ernita Febri Arfianti, Novita Dwi Handayani, dan Zen Prasetya Wirya. Selanjutnya Notaris Kabupaten Bangka Tengah, H. Delta Oktarian.

Notaris Kabupaten Bangka Selatan, Fuja Hadi Saputra. Notaris Kabupaten Belitung, Mohamad Ilham Radityo, Nadira Akbar, dan Visca Chevraya Ningsih. Serta Notaris Kabupaten Belitung Timur, Vera Ari Santi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Fajar Sulaeman Tama, Kepala Bidang Pelayanan Hukum Adi Riyanto serta Kepala Subbidang Administrasi Hukum Umum M. Bangbang. 
 

Pewarta: Aprionis
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023