Tujuan yang hendak dicapai melalui program ini tidak sekedar memberikan wajah baru dan nilai tambah kepada daya tarik Desa Wisata Batu Belimbing, namun mendorong aktivitas ekonomi yang baru dan keberlanjutan pengelolaan desa wisata oleh beragam kelom
Pontianak (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menghadirkan dan meluncurkan program pengembangan Ekosistem Keuangan Inklusif (EKI) di Desa Wisata Belimbing, Kota Singkawang, Kalimantan Barat dalam rangka percepatan peningkatan inklusi dan literasi keuangan di tengah masyarakat.

"Peluncuran program ini bersamaan dengan perhelatan Puncak Bulan Inklusi Keuangan yang dipusatkan di Desa Wisata Belimbing," ujar Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital dan Aset Kripto OJK, Hasan Fawzi di Singkawang, Sabtu.

Ia menjelaskan dalam program EKI dengan konsep pengembangan yang memadukan antara optimalisasi aspek desa wisata 3A yakni atraksi, aksesibilitas dan amenitas. Hal itu melalui kegiatan literasi keuangan, peningkatan kemampuan yang bersifat subjektif, keahlian yang bisa diukur, inklusi keuangan dan digitalisasi sistem pembayaran.

"Tujuan yang hendak dicapai melalui program ini tidak sekedar memberikan wajah baru dan nilai tambah kepada daya tarik Desa Wisata Batu Belimbing, namun mendorong aktivitas ekonomi yang baru dan keberlanjutan pengelolaan desa wisata oleh beragam kelompok masyarakat di sekitar desa wisata," ujar dia.

Menurut dia, dengan antusiasme dan rasa kebersamaan yang tinggi, ia optimistis penyelenggaraan Bulan Inklusi Keuangan di Kota Singkawang 2023 berjalan dengan lancar, optimal, serta mencapai target dalam percepatan peningkatan inklusi dan literasi keuangan masyarakat di Provinsi Kalbar.

Berdasarkan hasil survei terakhir pada 2022,  katanya, tercatat indeks literasi keuangan Indonesia sebesar 49,68 persen dengan indeks inklusi keuangan sebesar 85,10 persen.

Untuk provinsi Kalbar sendiri memiliki indeks literasi keuangan sebesar 51,95 persen dan indeks inklusi keuangan sebesar 84,16 persen, di mana hasil survei ini juga menggambarkan kondisi secara umum tingkat literasi dan inklusi keuangan di Kabupaten dan Kota di Kalbar.

Sementara ity, Kepala OJK Provinsi Kalbar Maulana Yasin menambahkan program EKI di Desa Wisata Batu Belimbing di Kelurahan Nyarumkop, Kota Singkawang juga wujud dari sinergi dan kolaborasi antara OJK dengan pemerintah daerah serta para pihak termasuk industri keuangan.

"Dalam EKI ini menyasar kelompok sadar wisata, kelompok ibu - ibu perajin, UMKM dan pelajar. Dalam EKI wujudnya juga ada bantuan baik fisik maupun lainnya," jelas dia.

Baca juga: OJK mendorong pembentukan kluster semangka melalui Program Desa EKI

Baca juga: OJK Bali Nusra jadikan Desa Bengkala percontohan implementasi GM EKI

Baca juga: OJK Kalimantan Tengah kembangkan Henda sebagai Desa EKI

Baca juga: OJK rilis Ekosistem Keuangan Inklusif tingkatkan akses keuangan desa

Pewarta: Dedi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023