Terus terang. Ini tidak mudah. Cuaca juga sangat berpengaruh dengan hasil hari ini,"
Pulau Punjung (ANTARA News) - Pebalap Loh Sea Keong mengakui untuk menjadi yang terbaik di etape empat Tour de Singkarak 2013 bukan perkara mudah karena juga harus berhadapan dengan cuaca yang panas.

"Terus terang. Ini tidak mudah. Cuaca juga sangat berpengaruh dengan hasil hari ini," kata pebalap dari OCBC Singapore Continental Team di Pulau Punjung, Dharmasraya, Rabu.

Menurut dia, selain cuaca yang panas, lintasan etape empat ini cukup menantang karena dihadapkan dengan rolling-rolling panjang sehingga membutuhkan ketrampilan secara khusus dalam mengendalikan sepedanya.

Selain rolling, lintasan dengan jarak 189,5 kilometer ini didominasi dengan lintasan datar yang berbelok-belok. Dengan kondisi tersebut, kata dia, semua pebalap memiliki peluang yang sama untuk menyodok kedepan. Hanya saja dirinya mampu memisahkan diri.

"Saya berusaha terus di depan. Memang, tekanan terus ada," kata pebalap Timnas Malaysia itu.

Loh Sea Keong masuk finis di depan Kantor Bupati Dharmasraya ini hampir bersamaan dengan dua pebalap asal Indonesia yaitu Fito Bakso Prilanji dari CCN Cycling Team Brunei dan Rasta Patria Dinawan dari Timnas Indonesia dengan catatan waktu 04.29.44.

Sebelum memasuki finis, pebalap dengan nomor start 41 ini juga sempat beradu cepat dengan pebalap lain untuk mengiumpulkan poin sprint di km 104. Loh Sea Keong akhirnya mampu menjadi yang tercepat dan berhak mendapatkan lima poin.

Sementara itu pebalap Timnas Indonesia, Rastra Patria Dinawan mengaku etape empat ini merupakan bidikannya sejak awal. Apa yang telah dilakukan sesuai dengan rencana awal yang disusun oleh jajaran pelatih.

"Sudah waktu untuk dapat," kata Rastra Patria Dinawan setelah finis di etape empat dengan senyum bahagia.

Menurut dia, hasil yang diraih di etape ini akan dijadikan modal untuk menghadapi etape lima dari Sawahlunto menuju Muaro Labuh, Kamis (6/6) dengan jarak tempuh 138,5 km.

Apalagi berkat finis diposisi dua langsung berdampak pada klasemen sementara terutama untuk kategori pebalap nasional. Saat ini Rastra Patria Dinawan langsung bertengger diposisi dua dengan catatan waktu 15.33.18 dibawah Tonton Susanto dengan waktu 15.31.36.

(B016/N002)

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013