Jakarta (ANTARA) - Partai Garda Republik Indonesia (Garuda) menyatakan dukungan kepada Gibran Rakabuming Raka untuk menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) mendampingi bakal capres Prabowo Subianto.

Ketua Umum Partai Garuda Ahmad Ridha Sabana dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, menyatakan Gibran Rakabuming Raka yang juga Wali Kota Solo mempunyai banyak kesamaan visi-misi dengan Partai Garuda.

"Kami adalah partai yang banyak didukung kaum milenial dan tokoh-tokoh muda," ujarnya.

Bahkan Ridha menyatakan kesamaan paling mencolok antara partainya dan Gibran karena Partai Garuda banyak menyodorkan calon-calon wakil rakyat dari golongan anak muda.

"Wajar jika Partai Garuda dengan semangat anak mudanya, mendorong sosok Gibran maju pada kontestasi pemilihan presiden tahun 2024," katanya.

Dia pun memberikan catatan lebih dari 80 persen calon legislatif dari Partai Garuda berada di bawah umur 40 tahun, bahkan lebih dari 70 persen di bawah usia 30 tahun.

"Kami melihat Gibran merepresentasikan dari golongan muda dan golongan milenial dan ini adalah kesempatan. Ada satu tokoh muda potensial yang bisa muncul dan kami melihat diterima oleh masyarakat umum dan diterima oleh beberapa partai politik," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan Keputusan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar tanggal 21 Oktober 2023 tentang penetapan calon presiden dan wakil presiden dari Partai Golkar dalam Pemilu 2024.

Rapimnas ke-2 tahun 2023 Partai Golkar menetapkan pertama, mengusung dan mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden RI periode 2024-2029. Kedua, mengusung dan mendukung Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden RI dari Partai Golkar periode 2024-2009.

Baca juga: Ribuan simpatisan hadiri "Indonesia Memanggil Gibran"
 

Pewarta: Fauzi
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023