Jakarta (ANTARA) - Pecatur Indonesia WGM Dewi AA Citra Anastasia unggul 3,0 - 2,0 dan tinggal membutuhkan hasil remis pada partai terakhir untuk mengunci kemenangan atas pecatur Vietnam WGM Nguyen Thi Mai Hung dalam dwitarung internasional JAPFA Chess Festival ke-13.

Keunggulan Dewi diperoleh lewat partai alot hingga 90 langkah pada partai kelima yang berlangsung di Gedung Serbaguna Senayan Jakarta, Sabtu. 

Dengan kemenangan tersebut Dewi Citra mengumpulkan nilai 3 VP. Sedang pecatur asal Vietnam mengumpulkan nilai 2 VP. Hal itu yang membuat pecatur Indonesia tinggal membutuhkan 0,5 poin dalam pertandingan terakhir atau partai keenam, Minggu (22/10), untuk meraih gelar juara.

Memainkan pembukaan Cigorin dengan buah hitam, Dewi Citra tampil posisional. Pecatur anggota tim Asian Games 2022 itu membangun pertahanan yang kokoh sehingga mampu menahan gempuran buah putih Mai Hung.

Pertandingan pun berlangsung seru dan berimbang. Menjelang detik-detik terakhir Mai Hung mempunyai peluang untuk bermain remis, namun ia tak memanfaatkannya dan pertandingan berlanjut hingga Citra merobohkan raja putih pecatur Vietnam di langkah ke-90.

“Kondisi saya selama bertanding tetap stabil meski sedang mengandung buah kasih sayang yang kini berusia tiga bulan. Semoga hingga pertandingan terakhir tetap stabil dan memenangkan pertandingan,” kata Dewi Citra yang bertanding dalam kondisi hamil.

Menghadapi babak berikutnya, istri dari pecatur nasional IM Sean Winshand Cuhendi itu mengatakan akan kembali bermain sebaik mungkin meski baru saja memainkan partai melelahkan.

"Harapan aku sih bisa memenangkan laga duel meet ini selain untuk menjawab kepercayaan PB Percasi dan pihak Japfa," kata Dewi Citra.

Baca juga: Dewi Citra dan Thi Mai Hung berbagi angka di Japfa Chess Festival 13

Sementara itu di nomor Terbuka, GM Susanto Megaranto makin meroket dalam pengumpulan poin kemenangan. Pada pertandingan ketujuh, ia mengalahkan MN Nuh Hakim Perwiratama di langkah 61.

Dengan kemenangan di partai tujuh, Susanto mengumpulkan nilai 7 VP tanpa terkalahkan. Pecatur asal Indramayu itu tinggal membutuhkan kemenangan pada partai kedelapan dan kesembilan untuk meraih gelar juara.

Japfa Chess Festival ke-13 yang merupakan hasil kerja sama PB Percasi dengan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk berlangsung 18-22 Oktober diikuti sebanyak 472 peserta. Ada 13 kategori yang dipertandingkan mulai dari junior putra-putri, veteran 55 tahun ke atas, nonmaster, antara perusahaan dan instansi.

Baca juga: Dewi Citra ungguli Thi Mai Hung di partai kedua dwi tarung Japfa Chess 13
Baca juga: Kemenpora harap JAPFA Chess Festival 2023 lahirkan pecatur andal

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023