Jakarta (ANTARA) -
Beberapa berita politik sepekan menjadi perhatian pembaca dan masih menarik untuk dibaca kembali, mulai dari pengumuman calon wakil presiden sampai pendaftaran pasangan bakal calon presiden (bacapres) dan bawapres di KPU RI.

 
 
Berikut enam berita politik sepekan terakhir yang masih menarik untuk dibaca kembali:

 
 
Mahfud MD enggan komentari namanya masuk bursa cawapres

 
 
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD enggan mengomentari terkait namanya yang masuk dalam bursa calon wakil presiden (cawapres).

 
 
"Saya tidak akan bicara politik praktis di kampus. Tidak ada tanggapan, tetapi secara umum itu urusan partai politik," ujar Mahfud MD usai memberikan kuliah umum "Demokrasi yang Bermartabat Menuju Indonesia Emas 2045" di Universitas Airlangga Surabaya, Senin.

 
 
Selengkapnya baca di sini

 
 
Menteri PANRB pastikan seleksi CASN transparan-akuntabel

 
 
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas memastikan seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) sangat transparan dan tidak memungkinkan adanya celah kecurangan.

 
 
"Kami memastikan seleksi ini tidak ada celah kecurangan, transparan, dan akuntabel. Penggunaan CAT ini salah satu bentuk digitalisasi seleksi calon ASN," kata Anas dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

 
 
Selengkapnya baca di sini

 
 
Megawati umumkan Mahfud MD sebagai bakal cawapres pendamping Ganjar

 
 
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengumumkan Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) yang mendampingi Ganjar Pranowo dalam kontestasi Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

 
 
"Hari ini, Rabu 18 oktober 2023 saya dengan mantap diri saya ambil keputusan ke semua, saya tujukan sebesar-besar bagi kepentingan rakyat, bangsa dan negara dengan ucapkan bismillahirrahmanirrahim calon wakil presiden yang dipilih PDIP yang akan dampingi Ganjar Pranowo adalah Prof Dr Mahfud MD,” ujar Megawati di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu.

 
 
Selengkapnya baca di sini

 
 
KPU RI terima berkas pendaftaran Anies-Muhaimin

 
 
Komisi Pemilihan Umum RI menerima secara resmi berkas pendaftaran Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebagai bakal capres dan cawapres pada Pilpres 2024 .

 
 
Berdasarkan pantauan ANTARA di lokasi, berkas tersebut diterima langsung oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dari Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid, Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al-Habsyi, Sekretaris Jenderal NasDem Hermawi Taslim, dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

 
 
Selengkapnya baca di sini

 
 
Presiden Jokowi bertolak ke Tanah Air dari Riyadh Arab Saudi

 
 
Presiden RI Joko Widodo bertolak menuju Tanah Air usai melaksanakan rangkaian kunjungan selama 3 hari di Riyadh, Arab Saudi.

 
 
Menurut keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat malam, pesawat Garuda Indonesia (GIA-1) yang membawa Presiden beserta delegasi lepas landas melalui Bandara Internasional King Khalid, Jumat, sekitar pukul 13.55 waktu setempat (WS) atau pukul 18.00 WIB.

 
 
Selengkapnya baca di sini

 
 
Gibran terima SK rekomendasi bacawapres dari Golkar

 
 
Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka menerima surat keputusan (SK) rekomendasi sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) dari Partai Golkar, dalam kegiatan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Golkar di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Sabtu.

 
 
"Acara hari ini sudah di rapat plenokan, dan Partai Golkar mendukung Mas Gibran sebagai bakal calon presiden dari Golkar," kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

 
 
Selengkapnya baca di sini

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023