Jakarta (ANTARA) -
Sejumlah berita humaniora dalam sepekan terakhir masih menarik untuk disimak pada pagi hari ini, mulai dari tambahan 20 ribu kuota haji hingga rangkaian peringatan Hari Santri 2023 di Surabaya.
 
Adapula warta tentang peningkatan aktivitas Gunung Slamet hingga cacar monyet yang teridentifikasi ada di Indonesia. Warta-warta tersebut dapat kembali disimak dalam rangkuman berikut:
   
Indonesia mendapat tambahan 20.000 kuota haji untuk tahun 2024 dari pertemuan bilateral yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Arab Saudi Mohammed bin Salman al-Saud.
 
Dalam pertemuan yang berlangsung di sela-sela KTT ASEAN-GCC di Riyadh pada Jumat, Presiden Jokowi secara terus terang menyampaikan ke PM Arab Saudi itu tentang panjangnya antrean haji di Indonesia, sehingga ada jamaah yang harus menunggu hingga 47 tahun.
 
2. PVMBG tingkatkan status Gunung Slamet menjadi Waspada
 
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meningkatan status Gunung Slamet, Jawa Tengah, dari Level I atau Normal menjadi Level II atau Waspada terhitung sejak tanggal 19 Oktober 2023, pukul 08.00 WIB.
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas Budi Nugroho di Purwokerto, Banyumas, Kamis, mengatakan peningkatan status Gunung Slamet itu tertuang dalam surat dari PVMBG Nomor 458.Lap/GL.03/BGV/2023 tertanggal 19 Oktober 2023.
   
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melaporkan satu kasus cacar monyet atau Mpox di Jakarta merupakan transmisi lokal, sebab penderitanya tidak memiliki riwayat perjalanan luar negeri.
 
"Pasien tidak ada riwayat perjalanan luar negeri. Iya (transmisi) lokal," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.
 
4. Menag, Ketum PBNU, Gubernur Jatim lepas jalan santai Hari Santri
 
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) K.H. Yahya Cholil Staquf dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberangkatkan puluhan ribu peserta "Jalan Santai" di Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Sabtu.
 
Salah satu agenda "Hari Santri 2023" itu juga dihadiri Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.
 
5. PBNU bersama ratusan santri tanam 2.500 bibit mangrove di Surabaya
 
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bersama sekitar 150 santri melakukan kegiatan penanaman 2.500 bibit mangrove atau bakau dan bersih-bersih di kawasan Pantai Romokalisari, Surabaya, Jumat pagi.
 
Kegiatan tersebut merupakan rangkaian agenda peringatan "Hari Santri 2023" yang dipusatkan di Kota Surabaya, 20-22 Oktober 2023.

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023