Beijing (ANTARA) - National Natural Science Foundation of China (NSFC) dan Bill & Melinda Gates Foundation (Gates Foundation) baru-baru ini mengumumkan akan mendanai tujuh proposal penelitian yang terpilih untuk program bersama mereka yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas regulasi dan memperkuat pengembangan vaksin.

Setiap proposal yang terpilih akan menerima dana hingga 750.000 yuan (1 yuan = Rp2.164) atau sekitar 102.500 dolar AS (1 dolar AS = Rp15.838) dari NSFC dan hingga 125.000 dolar AS dari Gates Foundation.

Program bersama yang diumumkan pada akhir Maret 2023 ini menerima total 29 proposal yang memenuhi syarat. Setelah peninjauan dan evaluasi yang menyeluruh oleh panel ahli yang terdiri dari pakar China dan internasional, tujuh proposal dipilih oleh kedua yayasan.

Semua proposal yang terpilih sebagai pemenang dipimpin oleh peneliti dari sejumlah universitas dan lembaga penelitian di China yang berkolaborasi dengan mitra internasional, ungkap NSFC.

Program bersama itu mengundang proposal tentang pengembangan sistem, alat, dan metodologi ilmu regulasi (regulatory science) baru untuk memastikan kualitas, keamanan, dan efikasi vaksin sepanjang siklus prosesnya.

Program tersebut memprioritaskan penelitian di empat bidang utama, yakni kebijakan dan jalur untuk meningkatkan efektivitas regulasi vaksin, reformasi sistem regulasi vaksin dan optimalisasi proses, alat dan pendekatan ilmu regulasi baru yang mengevaluasi efikasi, keamanan, dan kualitas manufaktur vaksin, serta pengawasan keamanan obat pascapemasaran yang aktif.

NSFC merupakan sumber pendanaan utama di China untuk penelitian dasar dan eksplorasi terobosan.
 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2023