Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo (TPN-GP) Andika Perkasa mengatakan, Senin (23/10) pihaknya akan melakukan finalisasi terkait struktur serta tim juru kampanye (jurkam) dan juru bicara (jubir) setelah Gibran Rakabuming Raka digandeng oleh Partai Golkar menjadi bakal cawapres Prabowo Subianto.

"Besok (Senin, red) pagi kami masih rapat finalisasi, ini benaran besok pagi udah dijadwalkan. Finalisasi selain struktur organisasi, berarti di situ juga termasuk yang akan menjadi juru bicara, juru kampanye, termasuk tim-tim lainnya yang ada dalam struktur," kata Andika ditemui di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Minggu.

Selain susunan jurkam, jubir, rapat finalisasi itu, kata Andika juga membahas terkait visi dan misi pasangan calon Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. "Visi-misi juga besok akan di finalisasi," ujarnya.

Mantan Panglima TNI itu mengatakan dalam rapat finalisasi itu juga akan dibahas terkait status Gibran yang dalam TPN-GP setelah diusung sebagai Cawapres Prabowo Subianto oleh Partai Golkar, termasuk siapa yang menggantikan posisinya.

"Saya yakin itu salah satu yang dibahas sebagai salah satu alternatif," ucapnya.

Baca juga: Gibran akui telah bertemu ketum koalisi

Baca juga: Puan Maharani tegaskan belum ada surat pengunduran diri Gibran


Begitu juga dengan tagline dari bakal pasangan calo Ganjar-Mahfud dan pakaian yang akan digunakan sebagai ciri khas kedua pasangan yang diusung oleh PDIP, PPP, Hanura dan Perindo tersebut.

Menurut Andika, nama Mahfud akan disematkan dalam 'tagline paslon', sehingga singkatan TPN-GP juga kemungkinan akan berganti.

"Besok finalisasi, jam delapan pagi kalau enggak salah. Jadi ya pasti itu (TNP-GP, awalnya belum ada nama Mahfud), justru kami merasa dua kekuatan yang harus kami tonjolkan," papar Andika.

Rapat finalisasi besok, lanjut Andika, juga membahas strategi dan antisipasi pecahnya suara PDIP setelah Gibran diusung Golkar sebagai bakal cawapres Prabowo Subiantor.

Menurut semua kemungkinan diantisipasi oleh pihaknya, melihat dinamika yang juga berubah setelah pengumuman Gibran bakal cawapres Prabowo. Karena yang berubah bukan hanya objek yang berubah tetapi juga pemain-pemain yang mengalami perubahan.

Baca juga: Jokowi restui dan doakan Gibran direkomendasikan sebagai cawapres

"Bukan hanya internal yang kemungkinan akan pecah tapi bisa saja eksternal yang tadinya secara tradisional bukan pendukung sini, bisa jadi mendukung kami. Dua-duanya kemungkinan," kata Andika.

Dalam surat instruksi dan penugasan dari DPP PDIP tanggal 19 Oktober 2023, nama Gibran Rakabuming Raka masuk daftar nama kepala daerah kader PDIP yang ditugaskan untuk mensosialisasikan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Sebagaimana diketahui Partai Golkar pada Sabtu (21/10) mengusung Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden Prabowo Subianto.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023