Jakarta (ANTARA) - Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengalihkan fokus pada persiapan mereka untuk menghadapi French Open 2023 pekan depan, setelah gagal melaju ke babak final Denmark Open di Odense, Sabtu.

Ganda putra peringkat kedua dunia itu menuturkan, kekalahan dari Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri di semifinal Denmark Open juga membawa dampak positif agar bisa bersiap lebih dini sebelum bertanding di Rennes, Prancis pada 24-29 Oktober.

"Pekan depan ada French Open jadi setelah ini saya, Fajar, dan pelatih akan diskusi untuk kembali bersiap ke sana," kata Rian melalui informasi resmi PP PBSI di Jakarta, Minggu.

Sebelumnya, Fajar/Rian ditundukkan rekan senegara Bagas/Fikri dalam perebutan tiket final Denmark Open, yang berakhir dengan skor 11-21, 21-16, 12-21.

Meski mereka unggul 5-1 dalam catatan pertemuan kontra Bagas/Fikri, namun mereka tak terkejut dengan hasil minor tersebut karena sudah menyadari peningkatan performa dari junior mereka tersebut.

"Berbeda dengan pertemuan-pertemuan kami sebelumnya, Bagas/Fikri sekarang lebih berani, lebih yakin dan lebih safe jadi tidak mudah melakukan kesalahan. Mereka juga terlihat semakin matang," Fajar memaparkan.

Performa yang semakin baik itu membuat Fajar/Rian kewalahan dalam merebut poin demi poin. Bahkan saat poin kritis di gim ketiga, Fajar/Rian tak dibuat kewalahan oleh permainan Bagas/Fikri yang sangat rapih.

"Kami tidak bisa mengantisipasi mereka. Fikri hari ini servisnya sangat bagus jadi kami dari pembukaannya banyak melakukan kesalahan sendiri. Padahal kami sudah mulai menemukan feel bertanding," kata Rian menambahkan.

Meski dirasa ada peningkatan, namun ada sejumlah kekurangan yang menjadi evaluasi bagi Fajar/Rian sebelum bertolak ke Prancis dan kembali memainkan turnamen berkategori BWF Super 750.

Mereka pun berharap agar Bagas/Fikri yang menjadi satu-satunya wakil Skuad Merah Putih di Denmark Open, bisa memboyong gelar juara bagi Indonesia.

"Kami tetap bersyukur atas hasil di Denmark Open tahun ini. Juga alhamdulillah di ganda putra ada wakil di final, semoga Bagas/Fikri bisa bermain bagus dan menuntaskannya dengan gelar juara," pungkas Fajar.


Baca juga: Bagas/Fikri maju ke final Denmark Open setelah kalahkan Fajar/Rian
Baca juga: Semifinal Denmark Open sisakan persaingan Fajar/Rian vs Bagas/Fikri
Baca juga: Fajar/Rian lalui perempat final Denmark Open berkat persiapan matang


 

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023