London (ANTARA) - Departemen Pertahanan Nasional Kanada pada Sabtu menyatakan Israel bukan pelaku serangan Rumah Sakit Al-Ahli di Gaza pada 17 Oktober.

"Analisis yang dilakukan secara independen oleh Komando Intelijen Pasukan Kanada dengan sangat yakin menunjukkan bahwa Israel tidak menyerang Rumah Sakit Al-Ahli pada 17 Oktober 2023," kata badan Kanada itu.

Serangan itu kemungkinan besar disebabkan oleh roket yang berasal dari Gaza, kata lembaga itu, berdasarkan analisis sumber terbuka dan laporan rahasia.

Temuan Kanada itu serupa dengan kesimpulan yang diambil Prancis dan Amerika Serikat.

Baca juga: Sudah 1.661 anak di Gaza tewas akibat gempuran Israel

Kanada mengungkapkan bahwa kesimpulan mereka itu ditarik dari analisis kerusakan akibat ledakan di kompleks rumah sakit tersebut, seperti bangunan terdekat, area sekitar rumah sakit dan arah datangnya senjata.

Para pejabat Palestina mengungkapkan 471 orang tewas dalam insiden Rumah Sakit Al-Ahli al-Arabi yang terjadi Selasa lalu itu.

Kementerian Kesehatan Gaza menuding Israel pelaku serangan tersebut, dan sebaliknya Israel berdalih ledakan tersebut akibat roket lawan yang gagal diluncurkan.

Baca juga: Dari Saudi, PM Malaysia lanjut ke Turki dan Mesir bahas krisis Gaza

Sumber: Reuters
 

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023