Jakarta (ANTARA) - MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2023 putaran keenam telah selesai digelar di Sirkuit GOR Arcamanik, Bandung, Jawa Barat, Sabtu.

Dilansir dari keterangan resmi, Minggu, pada seri pamungkas ini, Anjasara Wahyu dari kelas F dan Canya Prasetyo dari kelas Wanita berhasil menjadi kampiun setelah mengumpulkan poin maksimal di enam putaran yang diselenggarakan mulai dari di Yogyakarta, Sidoarjo, Bekasi, Cianjur, Purwokerto, hingga Bandung.

“Semakin tahun semakin kompetitif! Para peslalom di tahun ini saling adu cepat dan menampilkan strategi terbaik mereka demi merengkuh gelar juara umum. Persaingan merata di seluruh kelas yang dipertandingkan, terutama pada kelas utama kejurnas. Kami mengucapkan selamat kepada para juara umum dan kami harap MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom ini dapat menjadi langkah positif untuk mereka menapaki prestasi gemilang di kancah internasional," kata perwakilan MLDSPOT Andrianto W.Nuswanto.

Anjasara sukses mempertahankan klasemen hingga menjadi juara umum MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2023 di kelas F dengan total perolehan 125 poin. Dengan capaian positif ini, peslalom berusia 30 tahun tersebut mengakui persaingan pada kelas F sangat sengit. Terlebih pada seri pamungkas, rivalnya, Adrian Septianto sempat mencatatkan waktu tercepat yakni 50,095 detik. Namun hal tersebut tak menyurutkan semangat Anjasara, hingga ia berhasil lebih moncer dengan raihan waktu 49,703 detik.

Aksi spektakuler sekaligus menegangkan memang terjadi pada kelas tersebut maupun kelas lain di seri final round ini. Saling berlomba menorehkan waktu tercepat silih berganti dari para pembalap. Paham dan memahami benar mapping juga menjadi kuncinya. Terbukti seluruh racer berhasil melewati obstacle dengan mulus,meski beberapa harus menyentuh cone-cone yang disediakan.

“Kondisi trek yang panas di siang hari dan dingin saat malamnya, membuat kami harus mengatur strategi lagi dengan tim untuk mencari setingan mesin yang tepat. Jadi pebalap terakhir yang tampil tentu menjadi beban buat saya untuk bisa mencetak waktu tercepat dari pembalap lainnya, dan akhirnya saya bisa meraihnya. Semoga di tahun-tahun mendatang semakin banyak lagi peserta, dengan lokasi-lokasi berbeda tentunya,” kata Anjasara.

Baca juga: Berkat Agya GR Sport, TGRI sapu gelar juara nasional MLDSPOT Autokhana

Selain berhasil menjadi juara umum pada kelas F, Anjasara juga sukses merengkuh gelar juara umum untuk timnya, Toyota Gazoo Racing Indonesia pada kelas Tandem bersama rekannya Adrianza Yunial. Sementara pada kelas A, Anjasara harus merelakan podium teratas pada Adrian Septianto, yang berhasil mengumpulkan 103 poin.

Sedangkan dari kelas Wanita, Canya Prasetyo semakin kokoh memuncaki klasemen dengan perolehan 140 poin dan membuatnya keluar sebagai Juara Umum MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2023. Canya sebenarnya sudah mengunci status juara umum sejak putaran ke-5 di Purwokerto, dengan total poin tertinggi yaitu 120. Berkat torehan tersebut, ia tidak mampu dikejar oleh peslalom di posisi kedua, AS Dewi dari Whoosah Management yang meraih 85 poin maupun Febriana Dewi Rosyanti (Pertamax Racing Team) yang mendapat total poin 83 di urutan ketiga.

“Sebuah pencapaian luar biasa di tahun ini. Persaingan dan perolehan waktu yang cepat jadi kunci bagi saya meraih juara umum di MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2023. Semoga prestasi ini bisa saya pertahankan di tahun-tahun mendatang,” ungkap Canya.

Baca juga: TGRI kuasai MLDSPOT Autokhana berkat performa Agya GR Sport

Dilansir dari keterangan resmi MLDSPOT, berikut hasil lima besar kelas utama MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2023:

Kelas F
1. Anjasara Wahyu - Toyota Gazoo Racing Indonesia - 125 poin
2. Adrianza Yunial - Toyota Gazoo Racing Indonesia - 104 poin
3. A.M. Naufal Safwan - HRVRT BGM HBM BMB - 78 poin
4. Anandyo Dwiki - Banteng Motorsport - 74 poin
5. Demas Agil - Rajawali Arkato Racing Team - 62 poin

Kelas A
1. Adrian Septianto - HRVRT BGM HBM BMB - 103 poin
2. Anjasara Wahyu - Toyota Gazoo Racing Indonesia - 94 poin
3. A.M. Naufal Safwan - HRVRT BGM HBM BMB - 83 poin
4. Anandyo Dwiki - Banteng Motorsport - 62 poin
5. Mario Claudio - Banteng Motorsport - 57 poin

Kelas Wanita
1. Canya Prasetyo - Banteng Motorsport - 140 poin
2. AS Dewi - Whoosah Management - 98 poin
3. Febriana Dewi Rosyanti - Pertamax Racing Team - 92 poin
4. Keizha Venda Salsabilla - Honda Racing Indonesia - 84 poin
5. Felicia Ivana Hariono - Kartika Sari Motorsport - 65 poin

Kelas B
1. Rinaldo SA - CGMRT - 115 poin
2. Rivaldi Febriadi - Banteng Motorsport - 109 poin
3. Abghi Rezandi - CGMRT - 71 poin
4. H. Deri Rozak - 71 poin
5. Adrian Septianto - HRVRT BGM HBM BMB - 62 poin

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023