London (ANTARA) - Pesawat Israel pada Senin pagi menyerang dua kelompok pejuang dari Hizbullah di Lebanon yang berencana meluncurkan rudal antitank dan roket ke arah Israel, kata militer Israel, sementara pertempuran berkobar di perbatasan kedua negara.

Hizbullah mengatakan salah satu pejuangnya tewas, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Kantor berita resmi Lebanon, NNA, melaporkan serangan udara Israel di pinggiran selatan Aitaroun, di Lebanon selatan, juga tanpa memberikan rincian.

Militer Israel mengatakan satu kelompok Hizbullah terletak dekat dengan kota Mattat di Israel, sekitar 13 km barat daya Aitaroun.

Sedangkan kelompok Hizbullah lainnya berada lebih jauh ke utara di kawasan Peternakan Shebaa yang disengketakan.

Pihak militer Israel mengatakan serangan itu mengenai kedua kelompok itu sebelum mereka sempat melepaskan tembakan.

Belum jelas apakah kedua pihak mengacu pada serangkaian insiden yang sama. Israel kemudian mengatakan pihaknya menyerang lebih banyak sasaran Hizbullah, termasuk sebuah kompleks dan pos pengamatan.

Belum ada laporan lebih lanjut mengenai korban luka atau kerusakan.

Hizbullah yang didukung Iran saling baku tembak dengan Israel di perbatasan dengan frekuensi yang semakin meningkat sejak kelompok Palestina Hamas melakukan serangan mendadak terhadap Israel pada 7 Oktober, sehingga kemudian Israel membalasnya dengan serangan udara intensif di Gaza.

Israel telah bergerak untuk mengevakuasi 42 komunitas di sepanjang garis depan perbatasan sebelah utaranya dengan Lebanon, terkait dengan pertempuran tersebut, yang menurut Hizbullah telah menewaskan sedikitnya 27 pejuangnya sejak 7 Oktober.

Sumber keamanan Lebanon mengatakan sebanyak 11 pejuang dari kelompok Palestina di Lebanon, yang bersekutu dengan Hizbullah, tewas di daerah perbatasan, bersama empat warga sipil.

Sedikitnya lima tentara Israel dan satu warga sipil tewas di sisi perbatasan Israel, menurut laporan militer Israel.

Sumber: Reuters

Baca juga: PM Israel ancam Hizbullah agar tak campuri perang dengan Hamas
Baca juga: Lebanon siapkan rencana hadapi dampak ketegangan perbatasan Israel

Penerjemah: M Razi Rahman
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2023