Api sudah mengecil dan sedang dilakukan upaya pemadaman secara manual
Garut (ANTARA) - Puluhan petugas gabungan diturunkan untuk memadamkan kebakaran yang melanda kawasan hutan di Gunung Papandayan, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, agar tidak terus meluas menghanguskan areal tanaman hutan.

"Tim gabungan TNI, Polri, BPBD, Satpol PP, dan warga masyarakat yang berjumlah sekitar 80 orang sudah turun memadamkan kebakaran itu," kata Kepala Polsek Cisurupan Iptu Asep Saepudin yang turun bersama anggotanya untuk memadamkan kebakaran di hutan Gunung Papandayan, Garut, Senin.

Ia menuturkan kebakaran hutan tersebut baru diketahui, Minggu (22/10) malam, selanjutnya petugas gabungan menuju lokasi untuk berupaya memadamkan api secara manual dengan peralatan seadanya.

Lokasi kebakaran, kata dia, jaraknya cukup jauh dan sulit dijangkau manusia apalagi oleh kendaraan mobil pemadam kebakaran, sehingga pemadaman diupayakan dengan peralatan seadanya agar tidak meluas sampai pemukiman warga.

Baca juga: BPBD Garut: Kebakaran hutan di dua gunung padam
Baca juga: Polisi sebut kebakaran hutan Gunung Guntur karena ulah kelompok remaja


Ia menyampaikan sampai saat ini kondisi api terpantau masih menyala di kawasan hutan Gunung Papandayan, dan petugas gabungan tetap memantau dan melakukan pemadaman ke titik yang bisa dijangkau petugas.

"Api sudah mengecil dan sedang dilakukan upaya pemadaman secara manual," katanya.

Ia menyampaikan selama proses pemadaman api di lokasi hutan, kegiatan pendakian untuk umum sementara ditutup.

Ia menyampaikan lokasi yang terbakar berada di Blok Tegal Alun kawasan konservasi yang menjadi daerah perbatasan dengan Kabupaten Bandung dan jarang pendaki sampai ke lokasi itu.

"Lokasi Tegal Alun, tapi jarang pendaki yang sampai ke sana, itu sudah perbatasan dengan Bandung," kata Asep.

Baca juga: Perencanaan dan penganggaran untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan
Baca juga: BPBD Situbondo catat karhutla di lereng Gunung Argopuro sekitar 10 ha


Terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Aah Anwar Saefulloh menyatakan, jajarannya berkoordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran untuk melakukan upaya pemadaman kebakaran hutan di Gunung Papandayan.

Ia menyebutkan lahan hutan yang terbakar berupa semak-semak dan pohon hutan dengan luasan lahan yang terbakar masih belum bisa diperkirakan.

"Terbakarnya lahan di area Blok Tegal Alun didominasi dengan pohon dan semak-semak," katanya.

BPBD Garut mencatat kebakaran hutan di Gunung Papandayan dengan lokasi yang sama di Blok Tegal Alun pernah juga terjadi sebelumnya tahun 2015 dan saat ini kembali terjadi.

Baca juga: BPBD Jatim kembali kirim personel guna padamkan karhutla Gunung Lawu
Baca juga: Damkar Lampung Selatan padamkan kebakaran lahan di KM 22 Kalianda
Baca juga: Riau masih menggunakan TMC padamkan karhutla

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023