"Kegiatan sterilisasi yang dilakukan, yakni dengan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap area sekitar kantor KPU dan Bawaslu Kudus, termasuk ruang-ruang penting dan akses masuk,"
Kudus (ANTARA) -
Kepolisian Resor Kudus, Jawa Tengah melakukan patroli dan sterilisasi di kantor KPU dan Bawaslu Kudus dengan melibatkan unit satwa Satuan Samapta, sebagai upaya memastikan keamanan dan kenyamanan lingkungan kedua kantor tersebut menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.

"Kegiatan sterilisasi yang dilakukan, yakni dengan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap area sekitar kantor KPU dan Bawaslu Kudus, termasuk ruang-ruang penting dan akses masuk," kata Kasat Samapta Polres Kudus AKP Ngatmin saat memimpin kegiatan patroli dan sterilisasi di KPU Kudus, Senin.
 
Dalam melakukan sterilisasi, kata dia, pihaknya mengerahkan unit satwa, berupa anjing pelacak serta menggunakan metal detektor.
 
Sterilisasi, imbuh dia, dimulai dari lokasi parkir, kemudian lorong hingga ke ruang yang diperuntukkan untuk pegawai serta petugas pengamanan, semuanya diperiksa dengan teliti.
 
Setiap ruangan dan sudut, kata dia, disisir untuk memastikan tidak ada ancaman ataupun bahaya selama pelaksanaan tahapan Pemilu 2024.

"Semuanya harus steril dan aman. Sehingga kami mengerahkan anggotanya berikut unit satwa untuk melakukan penyisiran untuk meminimalkan terjadinya segala ancaman atau hal-hal yang tak diinginkan," ujarnya.
 
Kapolres Kudus AKBP Dydit Dwi Susanto mengimbau seluruh pihak terkait untuk tetap menjaga situasi keamanan dan ketertiban selama masa kampanye dan hingga hari pemungutan suara.
 
“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kudus,” imbau Kapolres.
 
Ketua Bawaslu Kudus Moh Wahibal Minan menyambut positif adanya sterilisasi dan patroli dari Polres Kudus guna memastikan selama pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 berlangsung lancar dan aman.

Polres Kudus, kata dia, sejak 19 Oktober 2023 sudah menempatkan lima personel dari Sabhara, Intel, dan Reskrim hingga pelaksanaan Pemilu 2024 berakhir. 

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023