... kekayaan bersih rumah tangga Amerika Serikat naik menjadi 70,35 triliun dolar Amerika Serikat... rekor baru... "
Washington (ANTARA News) - Kenaikan saham dan pemulihan harga rumah memberikan dorongan yang kuat terhadap kekayaan rumah tangga AS pada kuartal pertama, dengan kekayaan bersih rata-rata naik 4,5 persen, sebagaimana dinyatakan Federal Reserve, Kamis.

Total kekayaan bersih rumah tangga Amerika Serikat naik menjadi 70,35 triliun dolar Amerika Serikat dalam periode Januari-Maret dari kuartal sebelumnya, mencapai sebuah rekor baru.

Menggarisbawahi pemulihan ekonomi yang lambat tetapi stabil, kekayaan rumah tangga bersih 8,5 triliun dolar Amerika Serikat lebih tinggi dibandingkan dengan periode tahun lalu.

Setengah dari kenaikan dalam kuartal pertama berasal dari saham ketika Dow Jones Industrial Average mencapai rekor tertinggi sepanjang masa pada Maret, dengan S&P 500 mengikuti pada awal April.

Seperempat lainnya dari keuntungan itu berasal dari kenaikan harga rumah.

Sementara rumah tangga memotong utang pada tingkat tahunan sebesar 0,6 persen pada periode tersebut, dengan kontraksi 2,3 persen dari utang hipotek sebagian diimbangi oleh kenaikan moderat dalam kredit konsumen.

Utang rumah tangga hampir tidak tumbuh pada 2012, naik hanya 0,2 persen selama setahun sementara ekonomi dan harga-harga aset tetap lemah.

(A026)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013