Palembang (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu lebih kondusif menghadapi Pemilu Februari 2024.

"Pelaksanaan pemungutan suara pemilihan presiden dan anggota legislatif secara serentak tinggal beberapa bulan lagi, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang dapat mengganggu kamtibmas dilakukan peningkatan kesiapsiagaan personel melalui Operasi Mantap Brata Musi 2023," kata Karo Ops Polda Sumatera Selatan, Komisaris Besar Polisi Reza Herasbudi, pada apel di Markas Polda Sumatera Selatan, Palembang, Senin.

Baca juga: Polisi mulai jaga kantor KPU dan Badan Pengawas Pemilu

Menurut dia, pada Oktober 2023 ini memasuki Operasi Mantap Brata Musi 2023 tahap pertama yang dijadwalkan berakhir 31 Desember 2023.

Oleh karena itu, tugas yang diberikan negara diminta untuk dilaksanakan dengan tulus dan ikhlas sesuai SOP manajemen kepolisian serta menyiapkan tenaga dan mental.

"Dalam kurun waktu sekitar empat bulan ke depan, masyarakat akan menghadapi Pemilu 2024, mudah-mudahan selama menjelang dan pelaksanaan pemungutan suara tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Makassar siapkan 8.000 CCTV dukung Operasi Mantap Brata

Selanjutnya dikatakan Reeza, kebijakan dari Mabes Polri untuk melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan yang sudah berjalan tetap dilaksanakan di sela-sela Operasi Mantap Brata Musi 2023.

Untuk yang terlibat di jajaran Polda betul-betul dilaksanakan sesuai kirka intelijen sesuai perencanaan dan kegiatan ini dengan optimal, karena setiap pekan membuat laporan untuk bahan evaluasi,” jelasnya.

Dalam arahannya, dia juga mengajak seluruh personel dapat mensyukuri nikmat yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Esa sehingga dapat tetap melaksanakan tugas yang diamanahkan negara.

Baca juga: Kompolnas awasi pelaksanaan Operasi Mantap Brata 2023-2024

Rasa syukur tersebut tidak boleh hilang serta senantiasa berpikir positif dan bertindak positif sehingga seluruh rangkaian tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik sesuai jadwal yang ditetapkan.

Semua ini tidak terlepas dari kerja rekan-rekan semua di jajaran Polda Sumsel baik itu di bagian operasional, staf dan pendukung lainnya. "Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel yang telah bekerja dengan baik sehingga situasi kamtibmas di Sumatera Selatan hingga kini aman dan kondusif," kata dia.

Baca juga: Polri mulai gelar Operasi Mantap Brata 2023-2024

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023