Jakarta (ANTARA/JACX) - Presiden Joko Widodo dikabarkan bakal mengirim roket ke Palestina untuk membantu perjuangan para milisi di sana. 

Wacana pengiriman roket itu dimuat dalam narasi seorang pemilik akun Facebook, yang juga dilengkapi sebuah video pendek menampilkan alat utama sistem senjata (alutsista) tersebut.

Dalam cuplikan gambar yang dibagikan pada 11 Oktober 2023, alutsista yang diklaim sebagai roket itu tampak berwarna abu-abu dengan keterangan "P-15".

Roket tersebut terlihat dibawa oleh kendaraan truk, serta dikawal seorang prajurit berseragam TNI.

"Presiden Jokowi Widodo akan kirim berapa prajurit dan berapa roket yang akan terbang ke Palestina maju terus untuk para prajurit TNI Indonesia yang akan berjuang bantu saudara Kita Palestina yang akan perang besar," demikian isi narasi yang dibagikan di Facebook.

Namun, benarkah Jokowi akan kirim roket bantu Palestina?
Tangkapan layar video berisi narasi yang menyatakan Presiden Jokowi akan kirim roket bantu Palestina (Facebook)


Penjelasan:
Berdasarkan informasi yang dihimpun ANTARA, alutsista yang ditampilkan dalam video bukanlah roket, melainkan rudal. 

Menurut situs militermeter, roket dan rudal berbeda. Roket sebenarnya hanyalah peluru.
 
Sedangkan rudal terdiri dari hulu ledak, roket pendorong, sistem "jamming" antiradar musuh dan sistem pemandu kendali ke arah sasaran. 

Rudal juga memiliki tingkat presisi cukup tinggi dengan kecenderungan meleset sekitar 50-100 meter dari lokasi sasaran. 

Video YouTube Indomiliter turut memperkuat keterangan bahwa gambar alutsista dalam konten di Facebook itu adalah Rudal P-15 Termit, yang memiliki jarak jangkau 80 kilometer.

Rudal P-15 Termit dikenal sebagai rudal antikapal pertama milik TNI Angkatan Laut, tepatnya digunakan pada 1961 hingga 1965.

Fakta selanjutnya adalah rekaman rudal yang dijaga anggota TNI sebagaimana di Facebook itu, tidak ada hubungannya dengan perang Hamas-Israel saat ini.

Rudal yang dibawa dengan truk tersebut disiapkan untuk dipamerkan di Monas, Jakarta, guna memperingati HUT TNI Ke-78, pada 5 Oktober 2023.

Gambar rudal yang diangkut di jalan raya Ibu Kota itu juga dapat dilihat di video milik media nasional ini, tepatnya pada detik ke-54.

Kabar soal rencana pengiriman roket dari Indonesia ke Palestina, juga tidak didukung informasi resmi dari pemerintah. Sehingga dapat dikategorikan sebagai kabar menyesatkan atau hoaks.

Klaim: Jokowi akan kirim roket bantu Palestina
Rating: Disinfromasi
 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023