Medan (ANTARA) - Atlet Para atletik asal Sumatera Utara Riadi Saputra merasa bangga karena mendapat kehormatan menjadi pembawa bendera Merah Putih saat defile pembukaan Asian Para Games Hangzhou di Hangzhou Olympic Sports Centre Stadium, Minggu (22/10). 

“Rasanya senang dan bangga sekali bisa mewakili Indonesia menjadi flag barrier di antara yang lain, kita paling depan. Ini kesempatan terbaik bagi saya,” ucap Riadi melalui pesan WhatsApp, Senin.

Asian Para Games (APG) Hangzhou 2022 merupakan kali kedua atlet lempar cakram itu ikut dalam pesta olahraga multicabang untuk atlet disabilitas se-Asia itu.

“Semoga di Asian Para Games Hangzhou kontingen Indonesia bisa maksimal memberikan yang terbaik sehingga target-target yang sudah ditetapkan bisa terlampaui,” harap Riadi.

Secara khusus terkait target di APG, Riadi mengaku tidak muluk - muluk dan siap memberikan penampilan terbaiknya di nomor lempar cakram F55 putra.

"Target di APG kali ini mencoba memperbaiki catatan lemparan saya. Mudah - mudahan bisa meraih hasil maksimal. Mohon doanya," ucap peraih emas ASEAN Para Games 2023 Kamboja.

Baca juga: Natalia Tjahja berbagi inspirasi di balik “anthem” perdana APC

Sebelumnya Chef de Mission (CdM) Indonesia Angela Tanoesoedibjo mengungkapkan kontingen Indonesia akan memberikan kejutan-kejutan yang menunjukkan kekayaan budaya bangsa saat defile pada upacara pembukaan.

“Ada yang spesial, pakaian yang kami kenakan, nanti ada adat Indonesia yang kami bawa dan ini merupakan simbol Indonesia dan juga doa dan harapan bagi para atlet kita,” ucap Angela.

Kontingen Indonesia berkekuatan 130 atlet dan akan berjuang dalam 12 cabang olahraga (para-bulutangkis, para-renang, para-catur, para-cycling, para-panahan, para-menembak, boccia, lawn bowls, para-angkat berat, blind judo, para-tenis meja dan para-atletik.

Kontingen Indonesia ditargetkan mampu finis 10 besar di Asian Para Games Hangzhou 2022 dengan raihan 19 medali emas, 23 medali perak dan 25 medali perunggu.

Baca juga: Tim Indonesia bawa keragaman budaya Nusantara di defile APG Hangzhou
Baca juga: Kemilau Hangzhou disajikan di pembukaan Asian Para Games 2022

Pewarta: Juraidi
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023