Beijing (ANTARA) - Semakin banyak warga migran yang membutuhkan perawatan medis telah memperoleh manfaat dari kebijakan China yang semakin disempurnakan terkait pembayaran tagihan medis secara langsung (on the spot) lintas provinsi melalui rekening asuransi kesehatan dasar, lapor Xinhua pada Senin.

Di bawah skema asuransi kesehatan dasar saat ini, pekerja migran di daerah pedesaan, warga lanjut usia (lansia) yang pindah untuk tinggal bersama anak mereka, dan warga migran lainnya diizinkan untuk membayar langsung biaya pengobatan yang dikeluarkan di luar provinsi tempat asal mereka.

Dari Juli hingga September, jumlah pembayaran on the spot tagihan medis lintas provinsi mencapai 36,4 juta, meningkat sebesar 27,7 persen dalam basis kuartalan, menurut data terbaru yang dirilis oleh Administrasi Jaminan Perawatan Kesehatan Nasional (National Healthcare Security Administration/NHSA).

Pembayaran on the spot tagihan medis rawat inap lintas provinsi direalisasikan pada sekitar 78.200 institusi medis yang ditunjuk secara nasional, dengan lebih dari 3,1 juta pembayaran tagihan disetujui selama periode Juli hingga September.

Pembayaran secara langsung tagihan medis rawat jalan lintas provinsi juga mengalami peningkatan pada kuartal ketiga 2023, dengan total 33,3 juta kasus, menurut NHSA.

Skema asuransi kesehatan dasar China memberikan pertanggungan kepada sekitar 1,36 miliar orang, dengan tingkat pertanggungan saat ini berada di atas 95 persen dari total populasi.

 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023