Semoga di dalam interaksi ini, kalian punya ide mengenai bagaimana mengurus Indonesia melalui keuangan negara.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan edukasi keuangan negara, sebagai rangkaian program Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Mengajar, di SMAN 3 Semarang, Jawa Tengah.

“Uang negara dari mulai pendapatan atau perolehannya hingga kita menggunakannya dan kemudian mempertanggungjawabkannya semuanya diatur oleh negara. Diatur negara itu berarti diatur oleh seluruh rakyat Indonesia melalui parlemen, DPR yang mewakili, dan kemudian ditentukan dalam undang-undang,” kata Sri Mulyani dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Dalam kesempatan tersebut, Menkeu mengingatkan kepada generasi muda, khususnya siswa SMAN 3 Semarang, untuk mempersiapkan diri sebagai generasi penerus yang akan melanjutkan estafet mengelola keuangan negara untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju.

Menkeu berharap para siswa dapat terus belajar, meningkatkan diri, menjadi anak-anak yang terbaik, menjadi orang-orang yang memiliki ilmu, keimanan, religius, inklusif, menjaga Indonesia sebagai sebuah negara yang bineka namun tetap bersatu.

“Semoga di dalam interaksi ini, kalian punya ide mengenai bagaimana mengurus Indonesia melalui keuangan negara,” ujar Menkeu.

Penyelenggaraan Kemenkeu Mengajar bertujuan untuk meningkatkan pemahaman generasi muda mengenai pengelolaan keuangan negara.

Kegiatan Kemenkeu Mengajar telah dilaksanakan sejak tahun 2016, dan tahun ini merupakan penyelenggaraan untuk kedelapan kalinya sebagai bagian dari rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Oeang yang ke-77.

Pada tahun 2023, sebanyak 6.956 jajaran Kemenkeu berpartisipasi menjadi relawan Kemenkeu Mengajar yang tersebar di 307 sekolah, mulai dari SD, SMP, SMA, SLB, hingga Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).

Kemenkeu Mengajar memberikan edukasi mengenai dasar-dasar literasi keuangan, peran Kemenkeu dalam menjaga perekonomian negara, manfaat APBN, serta memperkenalkan berbagai profesi di Kemenkeu dengan harapan agar kegiatan "Satu Hari Mengajar, Selamanya Memberi Arti."

Dengan Kemenkeu Mengajar, Kemenkeu berupaya mengukuhkan diri sebagai institusi unggulan dalam pembangunan sumber daya manusia, yang akan mendorong peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan keahlian di kalangan masyarakat Indonesia.
Baca juga: Pontianak apresiasi Program Kemenkeu Mengajar bentuk edukasi siswa
Baca juga: Sri Mulyani ajak pelajar lebih dekat dengan uang negara


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023