Banda Aceh (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Pendidikan Dayah menyalurkan beasiswa untuk santri sebesar Rp2,7 miliar pada 2023.
 
"Bantuan beasiswa yang kita salurkan untuk insentif guru, santri kurang mampu, dan santri berprestasi. Ini merupakan wujud komitmen pemerintah daerah untuk pengembangan ilmu agama," kata Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, di Blang Bintang, Senin.

Baca juga: Pemkab Aceh Selatan alokasikan Rp2,5 miliar untuk beasiswa
 
Pernyataan itu disampaikan Muhammad Iswanto di sela-sela menyerahkan bantuan beasiswa secara simbolis pada peringatan Hari Santri Nasional 2023 yang dipusatkan di Dayah Darul Muta'allimin di Blang Bintang, Aceh Besar.
 
Ia menjelaskan bantuan beasiswa tersebut merupakan wujud komitmen pemerintah daerah khususnya untuk pendidikan dayah.
 
"Pemkab Aceh Besar memiliki komitmen yang tinggi untuk pembangunan sektor agama dan pelaksanaan syariat Islam," katanya.

Baca juga: Pemerintah Aceh siapkan 2.120 kuota beasiswa
 
Ia menyebutkan bantuan beasiswa dari pemerintah daerah tersebut disalurkan untuk insentif guru, santri kurang mampu, dan santri berprestasi dalam dayah Kabupaten Aceh Besar.
 
Penerima beasiswa itu yakni 13 guru tahfiz, 44 santri tahfiz, 233 guru dayah tradisional, dan 894 santri dayah tradisional yang tersebar di 34 dayah dalam lingkup Kabupaten Aceh Besar dan 11 dayah di luar lingkup Kabupaten Aceh Besar.

Baca juga: Aceh Barat tahun ini salurkan beasiswa Rp1 miliar untuk 1.000 santri
 
"Kami berharap dengan adanya beasiswa tersebut dapat memotivasi dan meningkatkan minat para santri untuk belajar dan nantinya dapat mengaplikasikan ilmunya di tengah masyarakat," kata orang nomor satu di Aceh Besar itu.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023