Mamuju (ANTARA) - Kepala Polresta Mamuju, Komisaris Besar Polisi Iskandar, mengingatkan para personel kepolisian setempat terkait pentingnya netralitas Polri pada pelaksanaan Pemilu 2024.

"Dengan komitmen netralitas Polri yang kuat, khususnya di Polresta Mamuju, diharapkan proses pemilu akan berjalan dengan aman, tertib, lancar dan adil," kata dia, di Mamuju, Sulawesi Selatan, Senin.

Baca juga: Pakar UGM: Polisi virtual harus netral dan objektif

Sehingga kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian sebagai penegak hukum yang adil dan berintegritas akan semakin kuat. "Jadi, netralitas Polri pada Pemilu 2024 menjadi kewajiban dan keharusan bagi seluruh personel Polresta Mamuju," kata dia.

Netralitas Polri pada Pemilu 2024, kata dia, secara tegas telah disampaikan Kapolri melalui telegram Nomor : ST/2407/IX/Huk.7.1/2023 yang meminta seluruh anggota Polri, untuk menjaga netralitas dalam Pemilu 2024.

Baca juga: Pangdam Sriwijaya: Tidak ada daerah rawan konflik pilkada di Sumsel

"Kapolri telah menegaskan bahwa setiap jajarannya untuk tidak memihak kepada pasangan calon maupun partai politik manapun," dia.

Kapolresta juga menegaskan bahwa Polri telah menerbitkan aturan yang mengatur netralitas anggota Polri dalam Pemilu 2024.

"Aturan terkait netralitas Polri dalam Pemilu 2024 sudah ada dan sangat jelas. Kapolri juga telah menegaskan bahwa netralitas harus menjadi pegangan bagi semua anggota TNI dan Polri, sehingga mereka tidak memihak kepada pasangan calon dan partai manapun," jelas dia.

Baca juga: Bareskrim identifikasi akun penyebar hoaks polisi buzzer Jokowi

Ia menekankan bahwa netralitas Polri dalam Pemilu 2024 adalah kunci utama dalam menjaga keamanan, ketertiban.dan kelancaran proses demokrasi, khususnya di Kabupaten Mamuju.

"Dalam suasana pesta demokrasi, tugas utama Polri adalah memastikan bahwa pemilu berjalan dengan aman, damai dan adil tanpa campur tangan politik," ujar dia.

Kapolresta meminta seluruh personel Polresta Mamuju, menjalankan tugas yang telah diamanatkan untuk menjaga agar seluruh pelaksanaan pesta demokrasi di daerah itu berjalan aman, tertib dan lancar.

Baca juga: Kepala Polres Rejang Lebong minta anggotanya jaga netralitas

"Sekali lagi saya tekankan agar seluruh personel Polresta Mamuju memegang teguh aturan yang mengatur netralitas anggota Polri dalam Pemilu 2024," kata dia.

Pewarta: Amirullah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023