Periode kampanye menjadi krusial bagi kita semua, sebagai proses seluruh lapisan masyarakat, termasuk pengusaha...
Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani berharap rangkaian Pemilihan Umum (Pemilu) bisa berjalan lancar demi menjaga stabilitas sosial dan politik.

Menurut Shinta, stabilitas menjadi faktor penting yang mempengaruhi iklim usaha.
 
“Harapan kami Pemilu beserta rangkaian kampanye berjalan lancar, jujur dan adil sesuai dengan tujuan pemilu yang aspiratif dan demokratis. One person, one vote, one value,” katanya kepada ANTARA di Jakarta, Senin.

Shinta juga mengingatkan agar pelaksanaan pemilihan pemimpin baru juga harus bebas kecurangan, menjamin kompetisi yang sehat, partisipatif, dengan mekanisme pertanggungjawaban yang jelas.
 
Menurut dia, hal itu penting karena akan berpengaruh pada stabilitas sosial dan politik menjelang pesta demokrasi tahun 2024.
 
“Periode kampanye menjadi krusial bagi kita semua, sebagai proses seluruh lapisan masyarakat, termasuk pengusaha, untuk mempelajari dan menelisik dengan seksama visi, misi, kebijakan hingga strategi seluruh calon pemimpin bangsa ini,” katanya.
 
Shinta menegaskan transisi kepemimpinan akan menjadi titik penting bagi Indonesia untuk mengejar pembangunan ekonomi Indonesia. Terlebih, Indonesia dinilai perlu memanfaatkan bonus demografi.
 
“Transisi kepemimpinan akan menjadi titik penting bagi Indonesia untuk segara berlari kencang, menetapkan pondasi yang baik, agar kita bisa dengan cepat memanfaatkan bonus demografi 10 tahun ke depan sebagai modal pembangunan,” katanya.
 
Dunia usaha berharap setiap kandidat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dapat menghadirkan strategi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kuat, inklusif, adaptif agar dapat meningkatkan kepercayaan Indonesia di mata internasional.
 
Ketiga pasang calon juga diharapkan bisa mendukung penciptaan lapangan pekerjaan dan kesejahteraan masyarakat, memimpin Indonesia secara strategis untuk keluar dari middle income trap untuk mempercepat target menjadi negara maju, serta melanjutkan kebijakan ekonomi yang lebih baik, terutama reformasi struktural untuk menjaga iklim usaha dan investasi yang kondusif.

Baca juga: Apindo: Capres-cawapres harus hadirkan strategi ekonomi inklusif
Baca juga: Apindo minta pemerintah berhati-hati membatasi barang impor

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023