Guangzhou (ANTARA) - China dan Gulf Cooperation Council (GCC) memperdalam kerja sama Belt and Road (BRI) melalui perdagangan dan investasi bilateral, lapor Xinhua pada Selasa.

Menteri Perdagangan China, Wang Wentao mengatakan kerja sama itu diharapkan dapat mendorong BRI menuju pembangunan tahap baru yang lebih berkualitas dan bertaraf lebih tinggi. 

Pernyataan tersebut diungkapkan Wang dalam sebuah pertemuan para menteri ekonomi dan perdagangan China dan enam negara anggota GCC yang diadakan di Kota Guangzhou, China selatan.

Berbagai upaya dijanjikan dalam pertemuan tersebut guna menyelaraskan kerja sama Sabuk dan Jalur Sutra dengan strategi pembangunan negara-negara anggota GCC dan untuk memperluas kerja sama di berbagai bidang, termasuk ekonomi digital, pembangunan berkelanjutan, dan infrastruktur.

China akan bekerja untuk mencapai kesepakatan perdagangan bebas dengan GCC, mendukung pertukaran dana kekayaan berdaulat (sovereign wealth fund) kedua belah pihak, dan menjajaki kerja sama infrastruktur di bidang pelabuhan, penerbangan, komunikasi, dan jaringan pipa, imbuh Wang.

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023