PLN terus memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM dan mendukung penggiat UMKM yang merintis usaha dari nol sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat
Kupang (ANTARA) - PT PLN (Persero) berkomitmen melakukan berbagai upaya peningkatan kualitas dan memperluas pasar bagi pengembangan UMKM di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

"PLN terus memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM dan mendukung penggiat UMKM yang merintis usaha dari nol sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat," kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur, I Gede Agung Sindu Putra dalam keterangan di Kupang, Selasa.

Salah satu upaya konkret PLN NTT dalam mendukung UMKM yakni mengikutsertakan salah satu UMKM dari Kabupaten Ende dalam Indonesia Premium Coffee Expo and Forum 2023 di Jakarta pada 12-15 Oktober 2023.

Virgil Coffee adalah UMKM binaan Rumah BUMN PLN Ende yang ikut dalam pameran itu.

Sindu menyampaikan UMKM yang tergabung dalam Rumah BUMN PLN di Ende setiap tahun mendapatkan pelatihan atau sertifikasi untuk meningkatkan omset, pengetahuan, dan daya saing.

UMKM yang baru merintis dari nol juga terus dibantu dan didukung oleh PLN sehingga bisa bersaing dengan produk dari luar NTT lainnya di kancah nasional.

Ia menyatakan komitmen PLN UIW NTT akan terus mendukung penggiat UMKM agar terlibat dalam berbagai event.

Upaya PLN ini merupakan komitmen perseroan terhadap prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam menciptakan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

"PLN akan terus memberikan pendampingan kepada para pelaku UMKM, kami harap dapat meningkatkan produktivitas dan memperluas pasar," kata Sindu.

Adapun PLN berkomitmen untuk mendorong UMKM mitra binaan dalam memperluas pasar bisnis melalui berbagai forum maupun berbagai kegiatan eksibisi.

Baca juga: PLN alirkan listrik dusun dan desa pada empat kabupaten di NTT

Baca juga: PLN alirkan listrik bagi 170 kepala keluarga di Pulau Sabu NTT

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023