Buenos Aires (ANTARA News) - Argentina dan Kolombia sama-sama harus kehilangan satu pemainnya dalam laga kualifikasi Piala DuniaGrup Amerika Selatan antar kedua negara yang berkesudahan seri 0-0 Jumat waktu Argentina atau Sabtu pagi WIB.

Striker Argentina Gonzalo Higuain diusir ke luar lapangan setelah adu fisik dengan pemain Kolombia Cristian Zapata yang juga dikartumerahkan, di tengah babak pertama.

Wasit juga menganulir gol Sergio Aguero yang dicetak di babak kedua, karena dianggap offside.

Wasit Venezuela Marlon Escalante sempat dibimbing keluar lapangan setelah dikerubungi para pemain dan ofisial tuan rumah yang memprotes keras keputusannya menganulir untuk kedua kalinya gol Aguero.

Argentina yang kokoh di puncak klasemen dengan selisih lima poin dari penguntit terdekatnya dan tetap bisa otomotis lolos ke Piala Dunia dengan empat pertandingan tersisa, memulai pertandingan yang berlangsung di Stadion Monumental dengan meyakinkan kendati kapten Lionel Messi menjadi pemain cadangan.

Bintang Barcelona yang baru pulih dari cedera hamstring itu baru diturunkan di babak kedua namun dia tak bisa memecah kebuntuan Argentina melawan Kolombia yang tampil tanpa kompromi.

Kolumbia yang naik ke posisi dua menggeser Ekuador karena selisih gol, memang pantas mendapatkan satu pon, namun Argentina merasa sangat dirugikan oleh dianulirnya gol kedua Aguero yang tidak terlihat offside.

Pada 45 menit pertama kedua tim saling mencetak peluang.  Kedua tim tampil panas dan memuncak ketika pada menit 26 saat Higuain dan Zapata bentrok. Zapata dan Higuain dikartumerahkan karena saling menendang.

Pertandingan keras berlanjut bahkan sampai masuknya Messi di babak kedua.

Lalu pada menit 54, Aguero mencetak gol namun wasit mengangkat bendera merah, menandakan dia sudah dalam posisi offside.  Kemudian pada menit 72 bintang Manchester City ini kembali memasukkan bola lewat tendangan jarak dekatnya.  Lagi-lagi dia dinyatakan offside.

Para pemain dan ofisial Argentina seketika mengerubungi wasit namun pertandingan tetap dilanjutkan.

Sebelumnya pada Jumat waktu Amerika juga, kemenangan penting Venezuela digagalkan pemain Bolivia Jhasmani Camposs yang menciptakan gol penyama kedudukan setelah sebelumnya Venezuela unggul lewat gol Juan Arango.  Kedua tim yang bertanding di ibukota Bolivia, La Paz, akhirnya bermain seri 1-1.

Di Asuncion, harapan Paraguay untuk lolos dari kualifikasi sirna setelah kalah 0-2 dari Chile, sehingga negeri itu tetap menghuni dasar klasemen.

Dua gol dari Eduardo Vargas dan Arturo Vidal memberi nilai maksimum bagi Chile yang kini menempati peringkat empat klasemen.

Empat besar grup Amerika Selatan akan lolos otomotis ke Piala Dunia Brazil 2014, sedangkan peringkat kelima akan menjalani laga play-off melawan satu tim dari Asia, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013