Kami juga sudah instruksikan bupati untuk segera turun tangan membantu masyarakat.
Semarang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 76.434.000 liter ke 1.382 desa di 340 kecamatan pada 34 kabupaten/kota yang terdampak musim kemarau akibat El Nino.

“Pendistribusian air bersih itu dilakukan oleh BPBD Provinsi Jateng bersama BPBD kabupaten/kota, melalui corporate social responsibility (CSR) perusahaan, PMI, serta instansi terkait lainnya termasuk BBWS, Polri, dan bantuan masyarakat,” kata Penjabat Gubernur Jateng Nana Sudjana di Semarang, Selasa.

Ia menyebut daerah paling banyak terdampak kekeringan adalah Kabupaten Blora dengan 156 desa di 16 kecamatan, Kabupaten Grobogan 137 desa di 20 kecamatan, Kabupaten Demak 85 desa di 14 kecamatan, Kabupaten Purbalingga 79 desa di 15 kecamatan, dan Kabupaten Pati 74 desa di 14 kecamatan.

Menurut dia, penyaluran bantuan air bersih ini akan dilakukan secara berkelanjutan hingga musim hujan tiba.

Baca juga: IBI Magelang bantu air bersih warga terdampak kekeringan

Baca juga: BMKG: Curah hujan di wilayah Jateng masih rendah


"Kami dari Pemprov Jateng sudah melakukan langkah-langkah, sudah memetakan daerah mana saja yang sudah kekeringan. Itu yang segera kami lakukan bantuan ke daerah yang memang sangat membutuhkan," ujarnya.

Nana juga menginstruksikan kepada semua kepala daerah di Provinsi Jawa Tengah untuk turun tangan membantu masyarakat yang terdampak kekeringan.

"Ini akan berkelanjutan di tempat lain sesuai dengan pendataan. Kami juga sudah instruksikan bupati untuk segera turun tangan membantu masyarakat," katanya.

Dirinya juga meminta pemerintah kabupaten/kota agar menerapkan skala prioritas penerima pada penyaluran bantuan berupa air bersih saat musim kemarau.

“Saya minta betul-betul dilakukan, segera bantu (masyarakat terdampak musim kemarau). Koordinasi dengan PDAM ataupun sumber lain, segera. Jadi itu tugas kita semua untuk memberi pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.*

Baca juga: Jateng mulai salurkan cadangan pangan ke warga terdampak kekeringan

Baca juga: BNPB catat sejumlah wilayah Jateng-Jatim terdampak kekeringan

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023